Aceh Tengah Beri Pembekalan 850 Pengawas Syariat Islam

TANOHGAYO.COM, Takengon- Sebanyak 850 pegawas Syariat Islam tingkat kampung di Kabupaten Aceh Tengah mengikuti pembekalan yang mulai berlangsung, Senin 25 September 2017 di Gedung Olah Seni Takengon.
 Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah, Alam Syuhada menyebutkan pembekalan dilaksanakan dua hari hingga 26 September 2017 dengan narasumber diantaranya Kapolres dan Dandim Aceh Tengah
“Pengawas syariat ini berasal dari 114 Kampung di 14 kecamatan yang unsurnya terdapat perangkat kampung, tokoh masyarakat, pemuda, Babinsa dan Babinkamtibmas,” ujar Alam disela kegiatan pembekalan. Menurut Alam melalui pembekalan diharapkan para pengawas syariat Islam mengetahui kewenangan yang menjadi tugas dan fungsi masing-masing untuk mewujudkan efektifitas penerapan syariat Islam di daerah itu
Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin ketika membuka acara tersebut mengatakan perlunya setiap pengawas menjadi contoh ditengah masyarakat. “Mulai dari individu mencontohkan prilaku dan akhlak yang islami, sebelum mengajak masyarakat untuk meninggalkan perbuatan yang melanggar syariat,” kata Nasaruddin.
Ditambahkannya, peran pengawas syariat tersebut membantu ulama dan dai yang selama ini sudah berdakwah ditengah masyarakat. Melalui peran pengawas Syariat Islam ini nantinya diharapkan lebih mengedepankan upaya pencegahan, sehingga dapat meminimalkan indikasi pelanggaran syariat atau bahkan kalau bisa hingga tidak ada sama sekali,demikian Nasaruddin yang turut menekankan pentingnya kegiatan serupa dilakukan berkesinambungan. (MK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *