Aceh Tengah Juara Umum Pacuan Kuda HUT ke 441Kota Takengon 

Spread the love
Takengon- Perhelatan pacuan Kuda dalam rangka memperingati HUT ke 441 Kota Takengon berakhir, dan Kabupaten Aceh Tengah meraih juara umum.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah, Abadi, mengatakan juara umum diraih Aceh Tengah setelah berhasil meloloskan 26 ekor kuda ke babak final, sisanya Kabupaten Bener meriah 15 ekor kuda, Gayo Lues 10 ekor kuda dan terakhir Aceh Besar 1 ekor kuda.
Sementara toral Kuda yang diikutkan dalam event kali ini sebanyak 371 ekor, dengan rincian Aceh Tengah 191, Gayo Lues 67 ekor, Bener Meriah 111 ekor dan Aceh Besar sebanyak 2 ekor.
“Tidak ada kendala yang berarti selama pelaksanaan pacuan kuda, namun untuk meningkatkan kualitas kedepan akan terus dilakukan evaluasi,” kata Abadi.
Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menegaskan pihaknya akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pacuan kuda.
“Arena Pacuan Kuda Haji Muhammad Hasan Gayo akan terus dibenahi, apalagi ini direncanakan jadi satu lokasi penyelenggaraan PON ke 21 tahun 2024 mendatang,” kata Shabela.
Tidak hanya itu, mulai tahun ini Pacuan Kuda sudah diikuti oleh Kabupaten Aceh Besar, menurut Shabela pada penyelenggaraan kedepan diharapkan lebih banyak lagi yang bisa turut serta, diantaranya juga Kabupaten Aceh Tenggara yang memiliki banyak kuda.
“Kita ingin Pacuan kuda masuk dalam kalender event di Provinsi Aceh yang diharapkan lebih banyak masyarakat dari luar berkunjung ke Aceh Tengah untuk menonton pacuan kuda dan berwisata,” demikian Shabela. (MK)

Related posts