Aplikasi SIGAP Resmi Diluncurkan

520
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP,M.AP

Redelong, Tanohgayo.com– Pemerintah Aceh resmi meluncurkan aplikasi infomasi lengkap yang berbasis web tentang Sistem Informasi Gampong (SIGAP), Rabu (12 Januari 2022) di salah satu hotel di Banda Aceh.

SIGAP dipelopori Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh bekerjasama dengan Diskominfo dan Persandian Aceh (Diskominsa). Peluncuran tersebut turut dihadiri oleh Plt. Bupati Dailami serta beberapa pejabat dari Kabupaten Bener Meriah.

Terpisah, dijelaskan Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, SIGAP dibuat untuk membantu kinerja aparatur pemerintahan kampung. Dengan aplikasi ini, kampung/desa kedepannya akan dapat lebih efektif dan efisien khususnya dalam pengelolaan semua administrasi.

“Pengelolaan data kampung (data kependudukan, sarana dan prasarana, anggaran kampung, dan lainnya), ini semua akan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat juga akan menghemat anggaran. Beberapa kampung di Kabupaten Bener Meriah telah meenggunakan aplikasi SIGAP ini,” kata Ilham Abdi.

Dengan adanya Aplikasi SIGAP ini, jelas Ilham, diharapkan semua kampung terutama yang sudah memiliki jaringan internet betul-betul bisa memanfaatka tekhnologi ini, guna memberikan pelayanan informasi yang prima kepada publik, dan ini juga ditekankan oleh Plt. Bupati saat melantik para Reje Kampung di Tugu Radio Rimba Raya.

“Kita tahu salah satu tugas utama dari pada Reje beserta timnya adalah untuk memberikan layanan publik bagi warga diwilayahnya dengan cepat dan akurat. Kemudian seluruh warganya tentu akan mendapatkan akses valid terkait dengan informasi yang ada dikampunganya. Reje Kampung juga harus memberikan kesempatan dan menyediakan fasilitas bagi warganya untuk mengakses informasi kampung serta menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan, ini salah satu contoh layanan prima kita kepada publik,” pungkasnya.

Ditambahkan Sekdis Riska Kadisa, S.Kom, yang perlu dipahami oleh masing-masing kampung terutama para operatornya, SIGAP sangat berhubungan erat dengan data-data kependudukan, perencanaan, anggaran dan lainnya kampung setempat. “Jadi SIGAP ini akan mengawal banyak hal dalam pelayanan publik, intinya dari aplikasi ini adalah tentang keakuratan dan kecepatan dalam pelayanan publik di suatu kampung, SDM yang yang handal dan mumpuni memang sangat dibutuhkan dalam mengelola aplikasi ini,” tambah Sekdis Riska. (AG).