Home Seputar Gayo Bahas Rencana Kerja 2020, Aceh Tengah Gelar Musrenbang Kabupaten

Bahas Rencana Kerja 2020, Aceh Tengah Gelar Musrenbang Kabupaten

27
0

Takengon- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar Musrenbang tingkat Kabupaten untuk membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Kegiatan Musrenbang berlangsung di Oproom Setdakab Aceh Tengah, Senin (25/03) dan dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus serta turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Aceh, Azhari.

Kepada Bappeda Aceh Tengah, Amir Hamzah menyebutkan Musrenbang dilakukan untuk mendapatkan informasi dalam penyusunan RKPD 2020 dari seluruh pemangku kepentingan.

“Musrenbang kabupaten dapat menjadi media untuk menguatkan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam penyusunan rancangan APBK Aceh Tengah 2020,” ungkapnya.

Amir menambahkan, Musrenbang diikuti 250 lebih peserta yang terdiri dari utusan Pemerintah Aceh, perwakilan para pemangku kepentingan, perangkat daerah serta internal Bappeda Aceh Tengah.

Sementara Kepala Bappeda Aceh, Azhari mengungkapkan agar Musrenbang Kabupaten Aceh Tengah sejalan dengan Prioritas Pembangunan Aceh 2020.

Prioritas tersebut meliputi Hilirisasi komoditas dan peningkatan daya saing produk/ jasa unggulan, pembangunan infrastruktur terintegrasi, peningkatan kualitas lingkungan dan penurunan resiko bencana, pembangunan sumberdaya manusia, reformasi birokrasi dan penguatan perdamaian, serta terakhir adalah penguatan penerapan dinul Islam dan budaya Aceh.

Wakil Bupati Firdaus menekankan agar para pihak memanfaatkan Musrenbang kabupaten sebagai wadah tertinggi dalam penjaringan aspirasi.

“Usulan kegiatan boleh saja banyak, tapi harus ditentukan program dan kegiatan yang prioritas, karena anggaran daerah yang terbatas,” ujarnya.

Firdaus mengharapkan seluruh pihak dapat berkontribusi aktif dalam Musrenbang kabupaten, sehingga keterlibatan para pihak tersebut menjadi dasar perencanaan program dan kegiatan tahun 2020 yang dapat dipertanggungjawabkan.(MK)