Aceh Documentary Film Libatkan 13 SMA

By tgadmin 08 Jan 2015, 14:14:05 WIBseni budaya

Aceh Documentary Film Libatkan 13 SMA

Oleh: Mark Fauzi

Banda Aceh | Aceh Documentary melalui program Aceh Documentary Junior (ADJ) kembali membuat kompetisi film dokumenter, namun kali ini untuk untuk kategori pelajar. Para pelajar yang berjumlah 26 peserta dari 13 sekolah yang ada di kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Sigli mulai hari Jum’at (9/1), hingga hari Minggu akan mengikuti rangkaian acara “Training Documenter” yang bertempat di Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh-Sumut.

Program ADJ mengusung tema “Pelajar Juga Bisa”, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pelajar SMA/SEDERAJAT di bidang multimedia. Kepedulian pelajar terhadap daerah maupun lingkungannya, mereka mempunyai sudut pandang tersendiri dalam melihatnya. Karena pada usia tersebut, pengamatan terhadap sesuatu tidak lagi tergantung pada perhatian, keinginan, hasrat dan kebutuhan saja, akan tetapi faktor-faktor luar sudah mulai mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan dan tindakan. Secara psikografis siswa SMA/Sederajat, ingin tampil berbeda dari kebanyakan, berani melakukan perubahan dan memiliki minat serta pengetahuan tentang berbagai macam informasi maupun realitas kehidupan sehari-hari.

Koordinator Aceh Documentary Junior, Arziqi Mahlil melalui press release yang kami terima pada hari Kamis, 8 Januari 2014 mengatakan para pelajar akan dibekali seluruh tahapan dalam pembuatan film selama training berlangsung.

“Para peserta akan dibekali dasar-dasar pembuatan film dokumenter mulai dari riset, treatmen, shooting hingga editing selama proses training dokumenter berlangsung”, Ujar Mahlil.

Para peserta yang telah mengikuti training selama 3 hari, lanjut Mahlil, akan dipersilahkan kembali ke daerah masing-masing guna melakukan riset, selanjutnya hasil riset dikirimkan kembali kepada panitia dan diseleksi 5 ide cerita terbaik untuk diproduksi.

Sementara itu Direktur Aceh Documentary, Faisal Ilyas mengatakan untuk kategori pelajar, inilah untuk pertama kali pembuatan film dokumenter melibatkan p[ara pelajar.

“Ini merupakan salah satu program Aceh Documentary dan ini baru pertama kali kami laksanakan untuk kategori pelajar. Kami juga sudah melaksanakan program tahunan untuk kategori umum, yaitu Aceh Documentary Competition (ADC) yang sudah berjalan 3 tahun, dan Insya Allah tahun 2015, kita mulai dibulan Maret" ujarnya.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook