Di negara ini, kamu tidak menjumpai malam hari

By tgadmin 20 Apr 2015, 06:25:33 WIBiptek

Di negara ini, kamu tidak menjumpai malam hari

Kamu yang tinggal di daerah tropis tentunya harus bersyukur karena bisa merasakan siang dan malam secara bergantian. Mengapa harus bersyukur? Sebab hal tersebut tak berlaku di beberapa negara ini. Penduduk di sana bisa merasakan matahari terbit sepanjang hari, begitu juga sebaliknya tanpa sinar matahari sehingga terlihat malam terus selama 24 jam.

Negara tersebut adalah negara-negara yang terletak di kawasan kutub utara seperti di Norwegia dan Greenland. Mulai tanggal 20 April hingga 23 Agustus, matahari tidak akan pernah tenggelam sehingga keadaanya menjadi siang terus tanpa malam. Mengapa bisa begitu?

Fenomena ini bisa terjadi akibat kemiringan sumbu bumi yang berputar mengelilingi matahari. Akibatnya belahan bumi sebelah utara menjadi cenderung ke arah matahari sehingga matahari akan terus bersinar selama 24 jam nonstop. Begitu juga sebaliknya di belahan bumi bagian selatan justru matahari tenggelam 24 jam.

Fenomena ini tentunya sedikit mengganggu aktivitas sehari-hari penduduk di sana. Sebagai contoh bagaimana mereka bisa tidur selama matahari masih terang benderang? Untung saja karena sudah berangsur lama, mereka jadi mudah terbiasa dengan berpatokan pada jam. Begitu juga untuk waktu beribadah dan kerja, semua mengikuti jam yang telah diatur masing-masing untuk memudahkan agar tidak bingung.

Sumber: brilio.net

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook