Disnakermobduk Aceh Lakukan Sosialisasi Pengupahan Tenaga Kerja

By tanohgayonews 19 Apr 2017, 11:13:14 WIBekonomi

Disnakermobduk Aceh Lakukan Sosialisasi Pengupahan Tenaga Kerja

TANOHGAYO.COM-Takengon. Untuk meningkatkan kualitas dan perlindungan terhadap tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh melakukan sosialisasi pengupahan bagi pelaku usaha dan tenaga kerja yang ada di beberapa kabupaten/kota.

Sosialisasi pengupahan yang berlangsung di Hotel Bayu Hill Takengon, Aceh Tengah itu, Selasa (18/4) dibuka Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara.

Disebutkan ketua panitia, Rika Mayasar ST, sosialisasi diikuti 28 orang pengusaha, 14 orang unsur pekerja (SP/SB) dari 7 kabupaten/kota dan 14 orang lainnya dari unsur pemerintah.

“Sosialisasi pengupahan bertujuan untuk memberikan kapasitas hukum antara pengusaha dan pekerja dalam mengatur besaran upah yang diberikan, sesuai Undang-Undang Nomor 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan,” sebutnya.

Sementara Wabup Kharul Asmara menyambut baik dilaksanakannya sosialisasi pengupahan bagi pelaku usaha dan tenaga kerja di daerah berhawa sejuk itu.

Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen dan upaya pemerintah untuk mewujudkan kualitas tenaga kerja secara edukatif dan preventif serta melindungi pekerja sesuai harkat dan martabat kemanusiaan.

Selain itu, sesuai Qanun Aceh Nomor 7 tahun 2014 tentang ketenagakerjaan memilki tujuan dan prinsip dasar hubungan industrial dalam menciptakan iklim kerja yang kondusif, harmonis dan berkeadilan antara pengusaha dan pekerja.

“Pemerintah akan terus memantau dan mengawasi penerapan pengupahan di perusahaan sesuai peraturan perundang-undangan, dan kami harapkan pelaku usaha benar-benar menerapkan upah pekerja secara normatif dan berkeadilan,” ujar Khairul. (Mika/DMS)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook