Imam Regional Dua Dibekali Peningkatan Kapasitas

By tanohgayonews 09 Mei 2017, 14:49:14 WIBreligi

Imam Regional Dua Dibekali Peningkatan Kapasitas

TANOHGAYO.COM - Takengon - Imam di empat kabupaten yang berada di regional dua, Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tengah dan Bener Meriah mendapat pembekalan peningkatan kapasitas dari Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh.

Pembekalan di laksanakan selama tiga hari, 9 Mei hingga 11 Mei 2017 di Hotel Grand Penemas Takengon, Selasa (9/5) dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara. Turut hadir Kadis Syariat Islam Provinsi Aceh, Dr H Munawar A Djalil MA dan Kadis Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Tengah, Drs H Alam Syuhada MM.


“Imam memiliki peran strategis untuk membangun umat yang lebih baik. Apalagi tantangan di tengah kehidupan masyarakat saat ini dan kedepan semakin beragam dengan berbagai persoalan,” ujar Khairul melalui sambutannya.


Menurutnya, imam perlu dibekali dengan wawasan dan pengetahuan yang lebih luas sehingga mampu menjawab berbagai tantangan dan menyelesaikan berbagai persoalan, khususnya dalam pelaksanaan ibadah. “Sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, perbedaan pandangan pelaksanaan ibadah kerap terjadi di tengah masyarakat. Ini harus disikapi para imam dengan arif dan bijak, berikan rasa sejuk kepada masyarakat jangan jadikan perbedaan membuat mesjid sepi dari jamaah,” pungkasnya.


Khairul juga mengapresiasi pelaksanaan pembekalan kapasitas imam di daerah sejuk itu. “Kami harap pembekalan bagi para imam terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya, mengingat imam adalah penerus perjuangan Rasulullah untuk membawa umat pada kehidupan yang lebih baik dan berakhlakul karimah,” sebutnya.

Sebelumnya Kadis Syariat Islam Provinsi Aceh, Munawar A Djalil menyebutkan, pembekalan peningkatan kapasitas bagi imam di Aceh merupakan bagian upaya syiar Islam, sesuai Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2012 tentang pelaksanaan Syariat Islam.

“Salah satu bentuk simbolisasi syiar Islam adalah mesjid. Namun ironis, semakin indah dan luas mesjid dibangun dengan arsitektur yang megah, mesjid sepi dari jamaah,” katanya.

Disebutkan Munawar A Djalil, di Provinsi Aceh hampir semua wilayah memiliki mesjid yang memadai dan dibangun dengan biaya yang cukup besar. “Kita akui semangat masyarakat Aceh membangun mesjid cukup tinggi, yang menjadi persoalan memakmurkannya ditambah konflik internal pengurus mesjid,” ujarnya menambahkan melalui pembekalan peningkatan kapasitas imam, diharapkan persoalan yang terjadi ditengah kehidupan masyarakat dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik melalui pendekatan yang intensif.

Pembekalan kapasitas iman di Kabupaten Aceh Tengah diikuti 30 orang imam dan kader imam yaitu, dari Aceh Tenggara 7 orang, Gayo Lues 7 orang, Bener Meriah 10 orang dan Aceh Tengah 11 orang.

“Sebelumnya pembekalan kapasitas imam juga telah dilakukan di Kabupaten Pidie. Di Aceh Tengah adalah gelombang kedua, nanti terakhir akan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat. Tahun ini sebanyak 105 imam di Aceh akan dibekali dengan peningkatan kapasitas. Ini merupakan bagian program kerja Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh untuk meningkatkan peran imam dan upaya mencetak kader imam kedepan,” ujar Kabid Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Dai Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Nizami Taufik SSos. (Mika)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook