Jokowi Bawa Pulang Opoh Ulen Ulen

By tanohgayo.com 04 Mar 2016, 20:40:28 WIBnasional

Jokowi Bawa Pulang Opoh Ulen Ulen

Redelong, tanohgayo.com- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya kembali menginjakkan kaki di dataran tinggi Gayo, Rabu (2/3/2016) siang. Kedatangannya guna meresmikan Bandar Udara Rembele. Joko Widodo meninggalkan Gayo pada tahun 1988, setelah bekerja selama dua tahun sebagai karyawan PT Kertas Kraf Aceh (KKA).


Sesuai budaya Gayo, semua pejabat, tamu daerah akan disambut istimewa. Prosesi Tepung Tawar biasanya dilakukan untuk menobatkan pejabat menjadi bagian dari masyarakat Gayo. Namun, untuk Joko Widodo tidak dilakukan tepung tawar namun hanya penyematan Opoh Ulen Ulen, dan dipakaikan penutup kepala dengan motif Kerawang Gayo. “Kenapa ini saya pakai terus? Biar rasanya sampai ke dalam bahwa saya ini orang Gayo. Kampung halaman saya ke dua,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan awal peresmian Bandara Rembele, Rabu (2/3/2016).


Opoh Ulen Ulen merupakan kain yang berukuran lebar yang disebatkan pada seseorang dengan latar warna hitam dan bermotif jahitan (bordir) dengan menggunakan empat warna, merah, putih, kuning dan hijau.  Biasanya kain tersebut digunakan para kaum bangsawan, dan saat sekarang sering dipasangkan pada penyambutan tamu kehormatan. Sedangkan penutup kepala, merupakan topi adat, di depannya dibuat persegi (lancip), sehingga lebih panjang dari bagian belakangnya.


Setelah disematkan penutup kepala dan Opoh Ulen Ulen, Presiden Joko Widodo disuguhkan dengan tarian Munalo. Selain ditampilkan pada penerimaan tamu kehormatan, juga kerap dibawakan saat penerimaan pengantin.


Jokowi tiba di Bandara Rembele dengan menggunakan pesawat CN-295 pada pukul 09.45 WIB disusul dengan pesawat jenis yang sama dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Turut hadir mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud.


Sekira pukul 13.00 WIB, Presiden Jokowi berajak meninggalkan Bandar Udara Rembele, setelah melakukan temu kangen di salah satu café yang tidak jauh dari bandara, dengan teman lama saat bekerja di PT KKA dan orang tua angkat presiden.


Amatan tanohgayo.com, Opoh Ulen-Ulen yang sebelumnya dipakaikan pada presiden ikut serta dalam penerbangan. Salah seorang Paspampres yang diduga membawa barang-barang presiden, terlihat menenteng tas dengan salah satunya Opuh Ulen Ulen di atasnya, ke dalam pesawat. (wyra)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook