KPU Uji Publik Peraturan KPU tentang Tahapan Pilkada 2017

By tanohgayo.com 14 Mar 2016, 18:56:59 WIBnasional

KPU Uji Publik Peraturan KPU tentang Tahapan Pilkada 2017

Jakarta, tanohgayo.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini menggelar uji publik Peraturan KPU tentang tahapan-tahapan, program-program dan juga penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (pilkada).

Penyelenggaraan Pilkada tersebut antara lain untuk Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, hingga Walikota dan Wakil Walikota yang diselenggarakan pada 2017.

Komisioner KPU, Ida Budhiati mengungkapkan, terdapat dua tahapan dalam rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

"Ada dua tahapan pemilihan di rancangan PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan, yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan," kata Ida di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016).

  • Penyerahan dukungan paslon untuk tingkat Provinsi pada 13 sampai 17 Juli 2016.
  • Penyerahan dukungan paslon untuk Kabupaten atau Kota dilakukan pada 16 sampai 20 Juli 2016.
  • Pendaftaran paslon dilakukan pada 28 sampai 30 Agustus 2016.
  • Penetapan paslon pada 30 September 2016.

Selain itu, Ida melanjutkan, tahapan penyelenggaraan antara lain syarat dukungan paslon perseorangan, pendaftaran, sengketa pemilihan, kampanye, distribusi logistik, pemilihan dan juga perhitungan suara, repatulasi suara.

Lalu soal penetapan paslon terpilih tanpa permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP), sengketa PHP, penetapan paslon pasca putusan MK, pengusulan pengangkatan paslon terpilih, evaluasi dan pelaporan tahapan.

Uji publik yang diselenggarakan oleh KPU dihadiri Perwakilan Partai Politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Konesioner KPU, Ketua KPU dan sejumlah media.(okezone.com)

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook