Pemda Targetkan Populasi Ikan Pedih Bertambah Tahun 2015

By tgadmin 25 Jul 2014, 10:48:00 WIBaparatur

Pemda Targetkan Populasi Ikan Pedih Bertambah Tahun 2015

Tanohgayo.com-Takengon : Salah satu spesies ikan asli danau Lut Tawar yang dikenal masyarakat Gayo dengan nama ikan pedih, kini mulai dibudiayakan secara intensif di Balai Benih Ikan (BBI) Lukup Badak.

Pemerintah Aceh Tengah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan setempat menargetkan penambahan populasi ikan pedih di perairan danau Lut Tawar, agar ekosistem danau tetap terjaga.

"Pak bupati sendiri menargetkan agar di tahun 2015 nanti, ikan pedih sudah bisa direstoking (Dikembalikan untuk penambahan populasi) di danau Lut Tawar," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Aceh Tengah, Rahmandi, di pusat pembenihan ikan pedih, BBI Lukup Badak, Rabu kemarin. Upaya pembenihan ikan pedih sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Induk ikan pedih liar mulai ditangkarkan di pusat pembenihan Balai Benih Ikan Lukup Badak, untuk dikembangbiakkan.

Kepala BBI Lukup Badak, Iwan Hasri, mengatakan danau Lut Tawar memiliki sedikitnya Empat spesies ikan asli danau yang harus dijaga keberlangsungannya. Menurutnya, danau Lut Tawar akan mengalami kerusakan ekosistem jika ikan-ikan asli danau menghilang atau punah.

"Kalau kita sembarang menebar ikan yang bukan ikan asli danau, bisa menyebabkan hilangnya ikan asli danau seperti depik, karena terjadi persaingan makanan. Dan itu (penebaran ikan sembarangan) sekarang sudah ada sanksi hukumnya," jelas Iwan Hasri.

Iwan menjelaskan danau Lut Tawar memiliki sedikitnya Empat spesies ikan asli danau. Diantara spesies tersebut merupakan jenis ikan yang hanya hidup di danau Lut Tawar. "Spesies ikan asli danau Lut Tawar yang kita kenal dengan nama ikan depik dan ikan kawan, di dunia ini cuma ada di danau kita (Lut Tawar)," ujar Iwan. (Cs)
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook