Plastik Menyebabkan Kanker Paru-Paru

By tgadmin 08 Jan 2015, 19:50:19 WIBjurnalis warga

Plastik Menyebabkan Kanker Paru-Paru

Tanohgayo.com - Setiap hari kita sudah tentu menggunakan plastik. Jika satu orang mengumpulkan sekitar lima plastik dalam satu hari, bayangkan betapa banyak jumlah plastik yang dihasilkan menjadi sampah. Masalah plastik memang terkesan sepele akan tetapi itu bisa menyebabkan dampak yang sangat bahaya bagi alam dan kehidupan manusia.

Sampah plastik dan segala jenis barang yang terbuat dari plastik sangat sulit untuk didaur ulang. Sampah plastik akan terurai atau hancur di dalam tanah dalam jangka waktu kurang lebih 200-1000 tahun kemudian.

Apabila dibakar, plastik akan menghasilkan zat kimia yang beracun dari asapnya menimbulkan berbagai penyakit seperti menyumbat saluran pernafasan dan kanker paru-paru. Juga dapat merusak bumi yaitu menyebabkan bocor nya lapisan ozon dan mengganggu kesuburan tanah.

Masing-masing individu harus menyadari akan bahaya dari sampah plastik, hal itulah yang menyebabkan lingkungan dan alam menjadi rusak. Jika lingkungan dan alam rusak akibat kita sendiri, maka apa yang bisa kita wariskan untuk anak dan cucu kita.

Dengan demikian, kita diharapkan dapat lebih berhati-hati dan menjadi lebih efisien dalam memanfaatkan barang-barang berbahan plastik. Satu hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengefisienkan penggunaan plastik dan mengurangi sampah plastik misalnya ketika kita pergi berbelanja dengan cara memanfaatkan tas kantong belanja dari kain yang kita bawa dari rumah untuk mengurangi tas kantong belanja dari plastik.

Memulai untuk melakukan hal-hal yang sederhana yang dapat kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, itu akan membuat manfaat yang besar bagi alam dan kehidupan manusia.( Yuli Fitrilia)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook