Presiden Jokowi: Saya Orang Gayo

By abragus sabra 02 Mar 2016, 17:09:21 WIBBerita

Presiden Jokowi: Saya Orang Gayo

Oleh: Mark Fauzi & Irsan Hutagalung


TANOHGAYO.COM - Luar biasa! Itulah ungkapan yang pantas untuk seorang Presiden Ir. H. Joko Widodo saat menginjakkan kaki di Bandara Rembele Takengon, hari Rabu, 2 Maret 2016 dalam rangka peresmian bandara dimaksud.


Ungkapan tersebut rasanya tidak berlebihan, mengingat orang nomor satu di Republik Indonesia itu ternyata tidak pernah melupakan kampung halaman keduanya, yaitu kabupaten Bener Meriah, dimana Jokowi pernah tinggal selama beberapa waktu, sekitar tahun 1980-an.


Seperti biasa, tamu maupun petinggi negara yang berkunjung ke Dataran Tinggi Gayo disambut dengan upacara adat, diwarnai penyematan kain sulaman tradisional, yaitu Kerawang Gayo.


Menariknya, Jokowi enggan melepas upuh ules ulen-ulen yang ia kenakan saat mantan gubernur DKI Jakarta itu berada di tengah kerumunan rakyat Gayo yang telah rela menunggu sejak pukul 07.00 WIB. Mengapa Presiden Jokowi enggan melepas pakaian adat gayo dari tubuhnya?


"Biar lebih terasa, bahwa saya ini orang Gayo. Ini kampung halaman saya yang kedua," ujarnya yang secara spontan mendapat aplause disertai gemuruh rakyat Gayo yang hadir di kompleks bandara.


Perihal pengakuan dirinya sebagai orang Gayo, Presiden Jokowi juga dengan nada sedikit sedih mempertanyakan keberadaan rumah yang pernah beliau tinggali di kawasan Bale Atu Simpang Tiga yang kini telah menjadi bandara yang ia resmikan sendiri.


"Rumah saya yang dulu kok hilang?,Dimana rumah saya? Mentri mengatakan "mohon maaf pak sudah digusur untuk perluasan airport bandara rembele", dan saya mengerti," lanjut mantan walikota Solo tersebut.


Sambil sedikit berkelakar, pria tegap kelahiran Solo 55 tahun lalu itu berujar,


"Mestinya kalau mau gusur rumah Presiden itu harus ijin. "Pak rumah bapak mohon maaf kami gusur" mentri katakan. Mestinya kalau menggusur sebelumnya, saya boleh kan atau tidak. Tapi  kalau menurut kepentingan umum, bukan untuk perorangan atau pribadi bandara ini silakan." ujarnya lepas.


Welcome back, Mr. President, Gayo highland will remember you.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook