Ratusan Santri di Aceh Tengah Peringati Hari Santri Nasional

By tanohgayonews 22 Okt 2016, 22:53:28 WIBreligi

Ratusan Santri di Aceh Tengah Peringati Hari Santri Nasional

TANOHGAYO.COM - Ada ratusan santri yang hadir di Mesjid Ruhama Takengon untuk memperingati hari santri nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.
 
Sejak Presiden Jokowi menetapkan hari santri nasional melalui Keppres Nomor 22 tahun 2015 lalu, sudah dua kali hari santri nasional diperingati di Indonesia.
 
Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-2 yang dipusatkan di mesjid Ruhama Takengon tahun ini dihadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs H Khairul Asmara, Ketua DPRK Muchsin Hasan dan sejumlah pimpinan dayah yang ada didaerah berhawa sejuk itu.
 
Peringatan hari santri nasional, kata Khairul dilatarbelakangi resolusi jihad yang dicetuskan oleh ulama besar, Kh Hasyim Asyari pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 silam sebagai peristiwa bersejarah melawan kolonial Belanda.
 
"Peran santri di tanah air tentu tidak diragukan lagi. Jika kita menoreh kebelakang peran santri cukup besar dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia untuk melawan penjajahan," ujar Khairul.
 
Saat ini menurut Khairul, peran santri dan dayah diharapkan dapat  memberikan pencerahan dalam mengatasi krisis moral dikalangan generasi bangsa.
 
"Sekarang santriwan dan santriwati tidak lagi berjuang untuk mengusir penjajah, namun bagaimana melawan krisis moral dan memberikan penerangan agar dekadensi moral dikalangan sebagian remaja dapat diatasi," jelasnya.
 
Momentum peringatan Hari Santri Nasional harap Wabup Khairul, dapat dijadikan semangat baru untuk meningkatkan peran santri dan dayah dalam membangun generasi bangsa kedepan yang berakhlakul karimah, berbudi pekerti dan berkarakter. (Mika)
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook