Saatnya Aceh Tengah Optimalkan Potensi Wisata

By tgadmin 10 Jan 2015, 18:36:47 WIBjurnalis warga

Saatnya Aceh Tengah Optimalkan Potensi Wisata

Tanohgayo.com - Kabupaten Aceh Tengah memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang dapat diandalkan dalam pengembangan pariwisata. Danau Laut Tawar yang dikelilingi oleh pegunungan ditambah udara sejuk, perkebunan kopi yang mempunyai cita rasa yang luar biasa, sungguh sebuah anugerah yang luar biasa dari sang Khalik.

Selain potensi SDA, potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di Aceh Tengah juga dapat diandalkan. Tidak sedikit SDM di Tanoh Gayo yang mempunyai potensi luar biasa. Sayangnya, kedua potensi tersebut belum diberdayakan secara optimal sehingga apa yang dimiliki oleh putra daerah Aceh Tengah tidak dapat disalurkan. Jika kita bisa memanfaatkan kedua potensi tersebut alangkah banyak keuntungan yang dapat diperoleh.

Pariwisata di Takengon yang bertemakan "Wisata Agro" tampaknya sangat sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh kabupaten Aceh Tengah yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi kelas dunia, mempunyai nilai jual yang tinggi yang bisa ditawarkan ke pasaran. Otomatis, hal tersebut akan memobilisasikan semua aspek. Pengangguran menjadi berkurang, sejumlah industri akan berkembang, sebut saja industri makanan, industri rumahan, dan sebagainya.

Memang, sekedar ngomong dan teori itu gampang, namun proses dan praktek nya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi jika itu dimulai dengan tekad yang kuat dan usaha yang sungguh-sungguh, InsyaAllah tujuan yang kita inginkan dapat tercapai.

Tidak ada kata terlambat. Saatnya untuk mengoptimalkan segenap potensi yang ada sehingga Aceh Tengah identik dengan daerah tujuan wisata berhawa sejuk dengan masyarakat yang ramah, hangat dan membuat betah para pendatang. Dibutuhkan kesadaran dan kerja keras semua pihak agar potensi terebut dapat diterjemahkan menjadi sumber aktual.

Penulis: Yuli Fitrilia
Editor: Mark Fauzi

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook