Samsung Galaxy Note 5, Smartphone Dengan Layar Terbaik Di Dunia

By tgadmin 03 Jan 2016, 20:02:44 WIBinternasional

Samsung Galaxy Note 5, Smartphone Dengan Layar Terbaik Di Dunia

Oleh: Mark Fauzi
 
TANOHGAYO.COM - Apa yang tidak akan pernah berubah selama bumi tetap berputar? Jawabnya adalah perubahan itu sendiri. Dalam kebanyakan kasus, perubahan dikemas dalam bentuk  teknologi yang semakin hari semakin disempurnakan dengan tujuan memudahkan pengguna. 
 
Komunikasi merupakan salah satu teknologi yang sedang, dan akan terus berkembang seolah-olah tanpa pernah mengenal kematangan. Komunikasi yang pada hakekatnya interaksi antar manusia tidak akan dapat terpisahkan dari perangkat (device) sehingga proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik.
 
Perangkat komunikasi paling populer dewasa ini adalah perangkat mobile yang dilengkapi fitur-fitur standar yang beberapa tahun lalu tidak pernah terbayangkan oleh kebanyakan penduduk bumi. Lupakan telepon rumahan yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Istilah 4G, LTE, juga wireless connectivity membuat telepon rumahan tinggal sebuah arsip.
 
Kembali ke perangkat yang lebih populer dengan sebutan gadget, yang merupakan perangkat genggam yang dapat dibawa kemana-mana (mobile), dilengkapi fitur nirkabel terlengkap (wireless), ruang penyimpanan yang memadai (storage), serta otak yang mampu menjalankan multitasking secara simultan (SoC, singkatan Socket on Chip).
 
Bagi penggunanya, gadget lebih lazim disebut smartphone, diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi ponsel pintar. Disebut pintar karena mampu menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan, mulai aplikasi ringan seperti messaging hingga aplikasi berat yang menguras kinerja CPU, GPU dan RAM. 
 
Akan tetapi sejak tahun 2011 layar (screen) merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah smartphone setelah Samsung memperkenalkan Galaxy Note dengan layar 5.3".
 
Meski sempat diejek dan dicibir, Galaxy Note generasi pertama mampu menorehkan penjualan 10 juta unit di seluruh dunia. 
 
Penerusnya, Samsung Galaxy Note II yang diluncurkan setahun kemudian malah menuai sukses yang jauh lebih besar: Laris terjual 38 juta unit di 60 negara. Pendek kata sejak saat itu ponsel berlayar lebar mulai mendapat tempat di hati pengguna. Istilah phablet pun mulai populer yang sebenarnya merupakan singkatan dari Phone and Tablet. 
 
Juga vendor lain seperti LG, HTC, Sony dan belakang Apple akhirnya meniru langkah Samsung yang terbukti menjadi katalis untuk smartphone layar lebar (wide screen). 
 
Tahun 2014 Samsung merilis Galaxy Note 4 yang merupakan layar OLED pertama beresolusi QHD atau 1440x2560. Dengan luas diagonal 5.67", layar Samsung Galaxy Note 4 memiliki kerapatan 515 per inci, jauh di atas iPhone 6 Plus yang hanya memiliki 401 ppi. 
 
Resolusi bukanlah faktor satu-satunya dalam penentuan kualitas layar secara keseluruhan. Rasio kontras, konsumsi daya, akurasi warna, kecerahan hingga visibilitas merupakan faktor utama. 
 
Tahun 2014 DisplayaMate, sebuah laboratorium yang secara konsisten meneliti dan menguji layar smartphone, menobatkan Samsung Galaxy Note 4 sebagai smartphone dengan layar berkualitas terbaik. 
 
Kerapatan piksel, rasio kontras, temperatur warna hingga konsumsi daya pada Galaxy Note 4 waktu itu tidak tertandingi. 
 
Untuk urusan teknologi, Samsung rasanya tidak pernah mengenal kata puas. Tahun 2015, tepatnya di bulan Agustus, Samsung merilis penerus Note 4, yang mereka namai Samsung Galaxy Note5. Benar Galaxy Note5, tanpa spasi. Meski kemudian reviewer di seluruh dunia lebih memilih typo Galaxy Note 5.
 
Secara sekilas spesifikasi layar Galaxy Note 5 sama dengan pendahulunya, yaitu layar jenis OLED 5.7" (tepatnya 5.66") QHD dengan kerapatan 518 ppi. Akan tetapi setelah diteliti ternyata layar Samsung Galaxy Note 5 membawa sejumlah perbaikan atau peningkatan dari pendahulunya. 
 
Pimpinan DisplayaMate, Dr. Raymond Sonera setelah melakukan penelitian mendalam (thorough research) menyimpulkan bahwa layar pada Samsung Galaxy Note5 berdasarkan kecerahan tertinggi, rasio kontras, visibiltas di bawah sinar matahari, dan konsumsi daya. 
 

"The most impressive improvements for the Galaxy Note 5 are in Peak Brightness and screen readability and viewability in High Ambient Light, and in its display Power Efficiency," klaim Dr. Sonera. 

 
Untuk urusan kerapatan piksel pada Samsung Galaxy Note5, Dr. Sonera menulis: 
 

"As a result, it is absolutely pointless to further increase the display resolution and pixels per inch (ppi) for a marketing wild goose chase into the stratosphere…"

 
Dalam hal konsumsi daya, Galaxy Note 5 21 persen lebih hemat ketimbang Galaxy Note 4. Selisihnya akan lebih besar jika dibandingkan dengan iPhone 6 Plus, dimana Galaxy Note 5 lebih hemat 37 persen. 
 

"The Note 5 display actually uses less power than the Note 4 in spite of its much higher brightness." tulis DisplayaMate. 

 
Sebagai tambahan, teknologi LCD yang saat ini masih dipakai oleh Apple pada seri iPhone memang sudah ketinggalan zaman, sehingga tahun 2019 yang akan datang Apple akan mengimplitasikan layar OLED pada produk selanjutnya. 
 
Untuk akurasi warga, DisplayaMate mencatat Samsung Galaxy Note 5 paling sesuai dengan warna asli (basis mode). Untungnya, Samsung memberikan banyak opsi untuk pengaturan layar pada Galaxy Note5. TanohGayo sendiri lebih menyukai mode Adaptif Display karena layar terlihat jauh lebih tajam dan jernih.
 
Pada penghujung review, DisplayaMate menegaskan bahwa layar OLED pada Samsung Galaxy Note 5 merupakan layar terbaik di dunia yang pernah mereka uji. 
 
"Based on our extensive Lab tests and measurements listed below, the Galaxy Note 5 is the Best performing Smartphone display that we have ever tested. It takes over from the Galaxy Note 4, which was the previous record holder for mobile display performance."
 
TanohGayo sendiri beruntung mencicipi segudang teknologi canggih pada Samsung Galaxy Note 5 yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, sebut saja S Pen yang dapat digunakan meski layar dalam keadaan off. Dengan harga yang masih terbilang rasional, Samsung Galaxy Note 5 menawarkan fitur-fitur canggih yang jauh lebih besar ketimbang harganya. 
 
Untuk mengetahui hasil pengujian lab secara ekstensif untuk Galaxy Note 5, silakan klik link berikut:
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook