Tgk Sarkawi: Tiga Prinsip Hidup

By tanohgayo.com 15 Jul 2017, 15:23:02 WIBreligi

Tgk Sarkawi: Tiga Prinsip Hidup

Redelong, tanohgayo.com- Usai dilantik menjadi Wakil Bupati Bener Meriah oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Tgk H Sarkawi langsung menjadi khatib Jumat di Masjid Babussalam Sp Tiga Redelong, Jumat (14 Juli 2017).

Dalam khutbahnya, Tgk Sarkawi mengingatkan jamaah tentang prinsip yang harus dimiliki seorang mukmin. "Prinsip yang pertama ialah harus memiliki aqidah yang lurus," katanya dari atas mimbar.

Bahwa Allah SWT yang memberikan kemuliaan, keburukan, memberi rasa keadilan dan tidak ada yang bisa mengatur kehidupan, kecuali atas pemberian Allah SWT. "Tidak ada kemuliaan kecuali hanya kepada Allah SWT, maka haruslah seorang mukmin memiliki aqidah yang benar dan Allah SWT menuntut keseriusan," kata Tgk Sarkawi.

Prinsip hidup yang kedua, menurut Tgk Sarkawi, ialah ibadah yang benar. Ibadah harus dilakukan dengan benar bukan dilakukan dengan kebodohan. Karena ada orang yang rajin beribadah, tapi amalannya tidak diterima. Dicontohkannya, ada yang ingin melaksanakan shalat, tapi pakaian shalatnya terkena air urine karena tidak melakukan wudhu dengan benar. "Setiap orang harus mempelajari agama dengan benar," jelas Wakil Bupati Bener Meriah tersebut.

Prinsip ketiga yang harus dimiliki ialah akhlak yang mulia. Berahklak untuk diri sendiri. Melakukan amal saleh, mencegah diri dari perbuatan buruk lainnya. Menjaga kemulianan dirinya dapat dengan menjauhkan diri dari perbuatab buruk, seperti mencuri dan tidak berzina.

Kemuliaan ahklak setelah untuk diri kita sendiri, selanjutnya untuk istri/suami serta anak-anak kita. Jangan sampai kita berahklak baik kepada orang, sementara terhadap keluarga diri sendiri kita tidak santun. “Bagaimana bisa suami tidak mengasihi isteri dan anak. Padahal mereka orang yang paling berhak mendapat kemuliaan akhlak,” jelas Sarkawi.

Kemudian akhlak yang baik patut diberikan kepada masyarakat, tetangga, komunitas sekitar kita. Selanjutnya kepada lingkungan (alam) seperti tidak melakukan illegal logging. Menjaga kelestarian alam dan tidak melakukan pengrusakan terhadap sumber daya alam yang ada. Salah satu manfaatnya ialah terjaganya ketersediaan air bagi kehidupan.

Sebagai pemimpin yang baru dilantik, dalam khutbah, Tgk H Sarkawi juga menyampaikan seorang pemimpin harus melakukan kebaikan kepada jajaran birokrasi. “Memberikan pelayanan, kesantuanan kepada masyarakat. Pemerintah harus mengayomi, hadir di tengah masyarakat, baik saat musibah. Pemerintah memberikan arah kepada umat dibawa,” demikian jelas Abuya panggilan akrab Sarkawi terkait kemuliann akhlak yang harus dimiliki dan menjadi prinsip hidup setiap orang. Jika pemimpin memiliki itu maka akan menghadirkan negeri yang makmur dan sentosa serta diberkahi Allah SWT. (WR)

 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook