Bertemu Wali Nanggroe, Ken Conboy Hadiahkan Buku CHARLIE

125

Jakarta – Wali Nanggroe Aceh Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haythar mendapatkan hadiah buku berjudul CHARLIE: Operasi Spesial di Indonesia Tahun 1988-1993 dari penulisnya langsung, yaitu Ken Conboy, saat melakukan pertemuan di Hotel Sari Pasific, Jakarta Jumat 22 Oktober 2021.

Ken Conboy merupakan penulis sejarah militer dan intelijen asal Amerika Serikat yang baru saja tiba dari Ohio, dan langsung menemui Wali Nanggroe.

Buku CHARLIE merupakan karangan terakhir dari Ken Conboy yang pada salahsatu bagiannya mengulas tentang operasi militer dan intelijen di Aceh.

Ulasan yang tertera pada halaman 105, Chapter Eight “Aceh Redux” merupakan hasil wawancara langsung Ken Conboy dengan Wali Nanggroe dan Darwis Jeunieb pada tahun 2019.

Wali Nanggroe mengaku sangat mengapresiasi kehadiran buku tersebut sebagai salahsatu catatan sejarah yang mesti diketahui oleh masyarakat Indonesia dan dunia internasional.

“Buku ini dapat menjadi referensi untuk menyelesaikan permasalahan internal di sebuah negara,” komentar Wali Nanggroe tentang buku tersebut.[]