Bupati Aceh Tengah Dukungan Pelaksanaan PRA PORA 2021 Untuk Cabor Arung Jeram dan Petanque

274

Takengon, tanohgayo.com-Pengurus KONI Aceh menyampaikan apresiasi atas kesiapan fasilitas yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah selaku tuan rumah pertandingan dua cabang olah raga dalam pelaksanaan Pra Pekan Olah Raga Aceh (Pra PORA) Tahun 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua III KONI Aceh, T. Rayuan Sukma, S.Sos kepada Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar disela-sela acara kunjungan audiensi KONI Aceh yang berlangsung di Pendopo Bupati setempat, Minggu (08 Agustus 2021) pagi.

Kabupaten Aceh Tengah didapuk untuk menjadi tempat pelaksanaan atas seleksi (Pra-PORA) tiga cabang olah raga yakni arung jeram dan petanque.

“Karena cabang selam tidak jadi diperlombakan dalam PORA di Pidie, maka tinggal dua cabor yang akan kita pertandingkan dalam PRA PORA di Takengon ini,” ujar Rayuan Sukma.

Wakil Ketua KONI Aceh yang membidangi penelitian dan pengembangan tersebut melaporkan bahwa, pada hari sebelumnya Tim KONI Aceh telah melakukan peninjauan terhadap kesiapan sarana dan fasilitas cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Dimana hasil temuan menunjukkan semua sarana pertandingan telah sangat siap untuk menggelar even yang diperlombakan. Bahkan disebutkannya, keberadaan arena arung jeram dan lapangan pertandingan petanque, termasuk yang terbaik di Aceh.

“Kemarin kami sudah meninjau kelayakan lapangan petanque bersama Pak Kadis dan kawan-kawan insan olahraga lainnya disini, kami melihat bukan hanya layak. Kami nilai lapangan petanque Aceh Tengah itu nomor dua (terbaik) setelah lapangan Unsyiah,” sambung Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Aceh itu.

“Untuk itu dalam kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten, Pengurus KONI, Pengcab dan insan olahraga di Kabupaten Aceh Tengah, yang telah mendukung sepenuhnya pelaksanaan PRA PORA Tahun 2021,” lugasnya.

Bupati Shabela mengatakan akan mendukung secara maksimal pelaksanaan pertandingan dua cabang olahraga yang diperlombakan di kabupaten penghasil Kopi Arabika terbaik itu agar berjalan sukses dan sesuai harapan.

“Kepercayaan KONI Aceh ini tentunya sangat mendapat dukungan dari kami, terutama di titik-titik tempat pertandingan, seperti jalan dan fasilitas lainnya akan kita upayakan kelancarannya,” kata Shabela.

Dalam kesempatan itu, Bupati Shabela juga menyatakan kesanggupan Kabupaten Aceh Tengah untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk cabang olahraga tertentu, mengingat ketersediaan akomodasi di Kabupaten Aceh Tengah telah mampu menerima kontingen dalam jumlah yang besar.

Hal itu diungkapkan Bupati Shabela Abubakar sekaitan dengan digadang-gadangnya Kabupaten Aceh Tengah untuk menjadi tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 untuk perlombaan Cabang Olahraga Berkuda (kuda pacu), paralayang, gantole dan triatlon.

“Kami sudah sangat siap menerima mandat untuk menjadi tuan rumah beberapa cabang perlombaan dalam perhelatan berskala regional atau nasional,” lanjut Bupati Shabela.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut, selain Bupati Shabela Abubakar dan Wakil Ketua III KONI Aceh T. Rayuan Sukma, turut dihadiri Kepala Bidang Pelatihan KONI Aceh Heri Laksana, Plt. Kadis Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah Zulfan Diara Gayo, Ketua Harian KONI Aceh Tengah Dadong, Ketua Pordasi Aceh Tengah Didi, Ketua Pengcab Triatlon Aulia Putra dan sejumlah Pengurus Harian KONI Aceh Tengah. (RL/AG)