Bupati Serahkan Donasi untuk Palestina Melalui ACT

194

Takengon, tanohgayo.com– Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyerahkan donasi bantuan kemanusiaan dan Koordinator Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Komunitas peduli Gayo untuk Palestina lewat Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Lokseumawe, Sabtu (03 Juli 2021) di Pendopo Bupati Aceh Tengah.

Bantuan kemanusiaan ini, merupakan hasil penggalangan dana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah, serta donasi masyarakat dalam aksi Peduli Palestina bersama dengan hasil pengalangan donasi dari Komunitas Peduli Gayo untuk Palestina beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Komunitas Peduli Gayo untuk Palestina Ernawati, menyampaikan, berawal dari tujuan yang sama yakni membantu saudara berada di Palestina, maka digagaslah kegiatan ini.

“Adapun dana yang terkumpul sejumlah Rp. 170 Juta, dengan rincian dari masyarakat Kecamatan Jagong Jeget sejumlah Rp. 20 Juta, Kecamatan Atu Lintang Rp. 5 Juta, Kecamatan Ketol Rp. 9 Juta, serta dari hasil penggalangan dari para relawan selama 2 minggu sebesar Rp. 74 Juta,” lapornya.

“Donasi dari Masyarakat Aceh Tengah, untuk Palestina ini akan disalurkan melalui ACT, ditambah dengan adanya bantuan support dana dari Pemkab Aceh Tengah sebesar Rp. 60 Juta, dan diserahkan lansung Oleh Bupati Aceh Tengah pada ACT,” ujar Ernawati.

Bupati Aceh Tengah ketika menyampaikan bantuan tersebut mengungkapkan “bantuan dari masyarakat Aceh Tengah yang disampaikan lewat ACT, untuk saudara kita di Palestina, hal itu lantaran konflik di Palestina bukanlah masalah agama, akan tetapi masalah kemanusiaan,” terang Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasi ke MRI-ACT serta pada organisasi, lembaga, yayasan dan komunitas yang telah berpartisipasi dalam aksi penggalangan dana solidaritas selama ini.

Sebagaimana diketahui bersama, kondisi Palestina masih menjadi permasalahan global yang ramai dibicarakan hingga saat ini. Apalagi pasca serangan yang telah menyebabkan kerugian yang sangat besar, melukai ribuan orang bahkan mengakibatkan kematian termasuk anak-anak dan wanita.

“Oleh karena itu, dengan diberikannya bantuan berupa donasi ini, semoga dapat membangun gerakan masyarakat sipil dunia yang terorganisir dalam membantu Palestina,” ungkapnya.

Selain itu, ia berpesan kepada ACT agar bantuan yang diberikan dapat berguna dengan sebaik-baiknya membantu saudara di Palestina untuk kelangsungan hidup mereka disana. “Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada seluruh aliansi aksi solidaritas galang dana terkait, semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tutupnya.

Perwakilan ACT Cabang lhokseumawe menuturkan, dana yang masuk akan disalurkan ke ACT yang memiliki cabang di Gaza Palestina. Disana donasi akan digunakan antara lain untuk keperluan dapur umum yang menyiapkan makanan siap saji bagi korban konflik dan juga klinik kemanusiaan yang ada.

Disamping itu, ia mengajak seluruh yang hadir untuk mendoakan terbaik, dan terus membantu saudara di Palestina agar diberi kekuatan. Walaupun tidak bisa membantu langsung kesana, bantuan itu bisa disalurkan dalam bentuk donasi kemanusiaan. (SP/AG)