Cerutu Gayo Paya Tumpi Baru Boleh Beredar

161
Sriwaluyo Menerima Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) dari di Kantor Bea dan cukai Lhokseumawe, Selasa (9 November 2021).

Takengon, tanohgayo.com-Cerutu buatan warga Paya Tumpi Baru dengan Merek resmi SWY Gayo Cigar, kini resmi beredar di pasar. Setelah mengurus resmi cukainya di kantor Bea dan cukai  Lhokseumawe, Selasa (9 November 2021).

Dikatakan Sriwaluyo, sang pembuat cerutu, dengan adanya Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai ( NPPBKC), maka rokok cerutu buatannya, resmi dijual bebas.

Sriwaluyo merupakan Kepala Sekolah Kejuruan (SMK) 5, pembuatan cerutunya berawal dari rasa sakit hati.

Saat panen tembakau yang ditanamnya, harga daun tembakau hanya dihargai Rp.1000. Harga yang menurut Waluyo sangat tidak layak. Jangankan meraup keuntung. Balik modal saja tidak. Kekecewaan itu membuat otak pak guru, berputar keras.

Intelektualnya tersakiti. Mulailah kepala SMK 5 Asir Asir ini menyiasati keadaan . Berpikir agar harga tembakau tidak mengikuti pasar. Mulailah pak guru Sriwaluyo berpikir untuk dijadikan cerutu. Tapi tak bisa, karena tidak punya pengalaman olah tembakau.

Belajarlah pak guru hingga ke negara Kuba. Tempat dimana cerutu kelas dunia dihasilkan. Caranya, beselancar di dunia Maya.  Melihat langsung proses bagaimana cerutu Kuba dibuat. Selain itu, membaca jurnal, skripsi dan thesis.

Setelah 10 bulan, muncullah cerutu bermerek SWY Gayo Cigar. 10 bulan bukanlah waktu yang singkat bagi guru matematika yang jago menulis sastra ini. Selama hampir setahun, pak guru alumni UGM ini telah melakukan berbagai eksprimen dan diskusi.

Rumahnya di komplek Pertanian Paya Tumpi jadi tempat praktek atau ruang kerjanya membuat cerutu, sepulang mengajar.

Setelah resmi mengurus cukainya. Sriwaluyo akan menjual cerutu miliknya dengan  harga, Rp.15 ribu, 18 ribu, 30 ribu, hingga Rp.50 ribu.

Selain cerutu dalam bungkus standar, seperti bungkus rokok umumnya. Sri Waluyo juga menyiapkan kemasan cerutu dalam tempat khusus.

Kemasan tersebut dibuat ekslusif berbahan kayu Mindi. Ada kemasan satu batang cerutu dalam satu tempat. Dalam kotak persegi berisi 10 cerutu. Harganya, bervariasi, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk pemesannya Sriwaluyo+62 852-7508-0406.***