Defile Pawai Taaruf Awali Rangkaian Kegiatan PTQ RRI Ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022

227

Takengon-Ratusan Kafilah dari enam puluh lima Satuan Kerja (Satker) dibawah 17 Korwil Nusantara RRI, memeriahkan Defile Pawai Taaruf tanda akan dimulainya Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Tingkat Nasional Ke-52 Tahun 2022 yang dilangsungkan di Takengon, Rabu (13/04).

Rombongan kafilah yang mulai start dari gerbang timur Masjid Agung Ruhama’ Takengon melewati jalur masuk ke panggung utama di Lapangan Setdakab Aceh Tengah itu, dipandu oleh parade joki berkuda dengan diiringi defile marching band dari salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Aceh Tengah.

Pantauan Tim Media Prokopim Setdakab Aceh Tengah, Pelaksanaan PTQ RRI Ke-52 di Takengon diikuti oleh 280 peserta. Dimana Korwil Nusantara XV mengirimkan paling banyak peserta dengan jumlah 26 orang. Sementara Korwil yang paling sedikit mengirimkan delegasinya berasal dari Korwil Nusantara XIII yakni sebanyak 7 peserta. Dan tuan rumah yang berada dibawah Korwil Nusantara XVII mengutus 6 (enam) peserta.

Para peserta PTQ RRI Ke-52 Tahun 2022 yang dilangsungkan di Takengon terdiri dari Korwil Nusantara I RRI Jayapura, memboyong sebanyak tujuh Satker (Jayapura, Biak, Nabire, Merauke, Wamena, Serui, Boven Digoel) dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang. Untuk Korwil Nusantara II RRI Manokwari membawa tiga Satker (Manokwari, Sorong, Fak Fak) dengan peserta sebanyak 12 orang. Sedangkan untuk Nusantara III RRI Ambon dengan tiga Satker (Ambon, Tual, Ternate) dengan 12 peserta.

Berikutnya, Korwil Nusantara IV RRI Makassar membawa empat Satker (Makassar, Kendari, Palu) dengan 13 peserta. V RRI Manado membawa tiga Satker (Manado, Toli-Toli, Gorontalo, Tahuna) dengan 15 Peserta. VI RRI Kupang membawa tiga Satker (Kupang, Ende, Atambua) dengan 9 peserta. VII RRI Denpasar dengan tiga Satker (Denpasar, Singaraja, Mataram) dengan 18 peserta.

Kemudian untuk Korwil Nusantara VIII RRI Banjarmasin membawa lima Satker (Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya, Tarakan, Nunukan) dengan 20 peserta. IX RRI Pontianak dengan tiga Satker (Pontianak, Sintang, Entikong) mengutus 11 peserta. X RRI Surabaya memboyong lima Satker (Surabaya, Malang, Jember, Sumenep, Madiun) menyertakan 24 orang peserta. XI RRI Yogyakarta dengan empat Satker (Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Purwokerto) dengan 16 peserta.

Ada juga Korwil Nusantara XII RRI Bandung menyertakan tiga Satker (Bandung, Cirebon, Bogor) dengan 14 peserta. XIII RRI Jakarta hanya satu satker dengan peserta sebanyak 7 orang. XIV RRI Palembang memboyong lima satker (Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Bengkulu, Sungai Liat) dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. XV RRI Pekanbaru dengan enam Satker (Pekan Baru, Padang, Tanjung Pinang, Bukit Tinggi, Batam, Ranai) membawa 26 peserta. XVI RRI Medan boyong tiga Satker Medan, Sibolga, Gunung Sitoli) dengan 13 peserta, dan yang terakhir Korwil Nusantara XVII RRI Banda Aceh yang membawa empat Satker (Banda Aceh, Lhokseumawe, Meulaboh, Takengon) menyertakan 23 peserta.

Sekda Subhandhy selaku penanggungjawab kepanitiaan PTQ RRI Ke-52 di Takengon yang dikonfirmasi seusai acara ceremony pembukaan, menyampaikan apresiasi dan bangga atas pelaksanaan rangkaian acara pembukaan yang dengan resmi telah dilakukan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

Dia menyebutkan, meskipun rangkaian acara pembukaan yang diawali dengan Pawai Taaruf dan seremoni pembukaan dapat berjalan dengan baik dan lancar, namun tidak boleh mengendurkan tugas-tugas kepanitiaan, bahkan bila perlu kinerja dan pelayanan terus ditingkatkan agar pelaksanaan PTQ RRI Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Takengon pada tahun ini memberikan kesan positif bagi para kafilah dan pengunjung.

“Apresiasi kami untuk seluruh panitia yang telah bekerja menyukseskan rangkai acara pembukaan dengan baik. Harapan kita tentunya, tugas-tugas kepanitiaan terus dioptimalkan, agar memberikan pelayanan terbaik bagi para kafilah dan pihak terkait lainnya dengan PTQ RRI kali ini.” Lugasnya. (PR/ SF).