Home Aparatur Dinkes Beserta Bappeda Gelar Advocasi Mendorong Penerapan Kebijakan GERMAS Hidup Sehat

Dinkes Beserta Bappeda Gelar Advocasi Mendorong Penerapan Kebijakan GERMAS Hidup Sehat

14

Takengon, tanohgayo.com– Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Tengah gelar kegiatan Advokasi untuk mendorong menerapkan kebijakan Gerakan Masyarakat (GERMAS) Hidup Sehat bertempat di Gedung Oproom Setdakab Aceh Tengah, Kamis (12/11/2020).

Advokasi mendorong penerapan kebijakan GERMAS Hidup Sehat bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat, dengan cara Advokasi Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor/Lintas Program (LS/LP) untuk pemberdayaan Germas tersebut.

Acara yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah Drs. Mursyid, M.Si yang diikuti oleh 45 peserta dari OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan edukasi hidup sehat, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dengan melibatkan pemangku kepentingan, swasta, akademisi, LSM dan sektor-sektor lainnya.

Dalam sambutan Bupati Aceh Tengah yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra menyampaikan, Germas merupakan rangkaian kegiatan yang sistematis, masif dan berkelanjutan yang diharapkan dapat mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk mengurangi beban masyarakat akibat penyakit terutama dimasa pandemi Covid-19 yang merebak saat ini,” ujar Mursyid.

“Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga telah menetapkan lima fokus strategi pembangunan kesehatan untuk 5 tahun ke depan, yaitu kesehatan Ibu dan anak, kesehatan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, pencegahan dan penguatan sistem kesehatan serta pengawasan obat dan makanan,” lanjutnya.

“Ada empat isu kesehatan yang harus diselesaikan Kemenkes RI saat ini yaitu stunting, angka kematian ibu dan angka kematian bayi, perbaikan manajemen jaminan kesehatan nasional, penguatan pelayanan kesehatan, obat serta kemandirian obat dan alat kesehatan,” tutup Asisten Pemerintahan Kesra.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pembagian masker dan imbauan kepada warga masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Aceh Tengah. (rilis/AG)