Home Aparatur Disdukcapil Raih Penghargaan atas Inovasi Aplikasi Pendaftaran Online Dukcapil Kita dan layanan...

Disdukcapil Raih Penghargaan atas Inovasi Aplikasi Pendaftaran Online Dukcapil Kita dan layanan Pil Dahaga

31

Takengon,tanohgayo.com– – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tengah menerima penghargaan inovasi daerah dari Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Kamis (25/02/2021) disela acara peluncuran Inovasi Daerah Kabupaten Aceh Tengah di Takengon.

Penghargaan yang diserahkan untuk 2 (dua) inovasi masing-masing Aplikasi Pendaftaran Online Dukcapil Kita dan layanan Pil Dahaga (Dukcapil Datangi Rumah Warga) setelah melalui evaluasi dan penilaian oleh Puslatbang KHAN LAN RI.

“Kami bersyukur inisiatif meningkatkan pelayanan dalam bentuk inovasi diapresiasi oleh pimpinan daerah,” ungkap Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal usai acara pemberian penghargaan.

Menurutnya inovasi dalam bentuk aplikasi pendaftaran online Dukcapil Kita sangat membantu masyarakat karena bisa mengajukan permohonan tanpa harus datang ke kantor Dinas Dukcapil. Layanan online ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selagi ada akses internet sehingga memudahkan terlebih dalam upaya pencegahan Covid 19 yang mengharuskan adanya pembatasan jarak atau kerumunan masyarakat.

Sementara layanan Pil Dahaga memberi kemudahan bagi masyarakat yang tergolong rentan, akibat musibah bencana alam atau kebakaran, karena sakit atau disabilitas yang membutuhkan dokumen kependudukan, maka petugas Dinas Dukcapil melakukan koordinasi dan melakukan perekaman hingga menerbitkan dokumen kependudukan masyarakat tanpa harus datang ke kantor Dinas Dukcapil.

“Dua inovasi tersebut merupakan bagian dari sejumlah inovasi lain yang sedang kami dijalankan, tentunya apresiasi yang diberikan semakin memotivasi segenap jajaran Dinas Dukcapil, dan kami juga berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan dan berbagai masukan untuk meningkatkan layanan Adminduk,” katanya.

Bupati Shabela secara umum menegaskan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan komitmen masing-masing OPD yang dikoordinir oleh Bappeda Aceh Tengah.

“Inovasi harus terus dilakukan oleh seluruh OPD untuk menjawab kebutuhan masyarakat, kami ingatkan segenap pimpinan OPD bahwa kemampuan berinovasi menjadi indikator penilaian baik buruknya kinerja OPD,” tegasnya.

Terkait inovasi daerah, Shabela turut memberi apresiasi kepada segenap OPD, para pihak terkait dan segenap masyarakat atas terpilihnya Aceh Tengah sebagai Kabupaten Paling Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) tahun 2020. (SP/AG)