DPRK Aceh Tengah Sosialisasikan Inovasi Program Tajuk Pikiran Rakyat Secara Online

427
Sekwan DPRK Aceh Tengah Drs. Windi Darsa, MM didampingi Kabag Hukum dan Humas Firmansyah, S.Si dan Nilafiani, S.I.Kom saat membuka Sosialisasi Program Tajuk Pikiran Rakyat Secara Online, (30 Desember 2021).

Takengon, tanohgayo.com-Sekretariat DPRK Aceh Tengah melalui Bagian Hukum dan Humas menggelar sosialisasi Program Tajuk Pikiran Rakyat Secara Online yang sebelumnya telah direncanakan dan menjadi salah satu inovasi bagi sekretariat DPRK Aceh Tengah.

Program tersebut merujuk pada arahan Pimpinan DPRK Aceh Tengah, khususnya Ketua Parlemen. Ketua DPRK sempat mengungkapkan keprihatinannya kepada Bagian Humas, mengenai banyaknya masyarakat yang datang hanya untuk menyampaikan proposal. Sesampainya di lembaga rakyat itu hanya diberikan rekomendasi untuk penganggaran-ya kepada pemohon.

Sesuai dengan mekanisme, DPRK Aceh Tengah hanya menganggarkan bukan sebagai eksekutor beda halnya dengan eksekutif terlebih.

Sangat disayangkan masyarakat yang sangat jauh datang ke DPRK hanya untuk mengirimkan proposal atau menemui dewan yang mewakili DAPIL-nya, namun sampai di DPRK Aceh Tengah, pihak yang ditemuai terkadang tidak di tempat.

Beranjak dari dari pemikiran itu, Program Tajuk Fikiran Rakyat Secara Online di luncurkan guna dapat mengakomodir keluhan masyarakat, penyampaian aspirasi, maupun pengiriman proposal.

Sebagai tindak lanjut, sekaligus agar dapat berjalan pada awal 2022, Sekretariat DPRK Aceh Tengah melalui Bagian Hukum dan Humas melaksanakan sosialisasi kepada empat belas perwakilan pihak kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, dengan mengundang  para Kasi Infokom dan Perizinan  kecamatan, pada 30 Desember 2021 lalu.

Acara berlangsung di ruang sidang DPRK setempat. Sekwan DPRK Aceh Tengah Drs. Windi Darsa, SH,. MM membuka acara tersebut secara resmi yang sebelumnya dimoderatori oleh Kabag Hukum dan Humas Firmansyah, S.Si.

Dalam sambutannya, Ketua ASDEKSI Aceh itu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para peserta sosialisasi yang telah dapat hadir ke gedung DPRK Aceh Tengah, dan dia juga menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu inovasi dari Sub Bagian Humas DPRK Aceh Tengah yang telah beberapa kali dikonsultasikan ke berbagai lembaga terkait seperti Kominfo Aceh, LAN Aceh dan Sekretariat DPRA di Banda Aceh.

Sementara  Kabag Hukum dan Humas Firmansyah, S.Si menyampaikan sosialisasi dimaksudkan untuk memperkenalkan aplikasi dimaksud sekaligus untuk menjelaskan cara kerja dari aplikasi. Meskipun telah dapat digunakan sepenuhnya dan telah di simulasikan beberapa kali namun untuk kesempurnaannya harus mendapatkan masukan atau saran dari pihak dari Kantor Kecamatan yang merupakan perwakilan pemerintah tingkat I dan lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat setelah pemerintah kampung.

“Walaupun aplikasinya telah dapat digunakan namun mengenai SOP nya harus disesuaikan kembali sesuai dengan kebutuhan di lapangan, oleh karena itu masukan para perwakilan dari kantor camat sangat membantu kami,” ungkapnya.

Selanjutnya Nilafiani, S.I.Kom didampingi Mukhlis Andika, SE menyampaikan secara teknis mengenai aplikasi telah dapat digunakan. “Kita perkenalkan aplikasinya, juga minta pendapat dari masing-masing kecamatan. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, kita juga meminta pendapat secara teknisnya program ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien.’ Pungkas Ani panggilan akrabnya. ***