Ekspor Pertanian Tahun 2020 Naik 15,70 Persen Dibanding Tahun 2019

149

Redelong, tanohgayo.com– Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah hadiri ceremonial pelepasan ekspor komoditas pertanian Merdeka Ekspor 2021 yang langsung dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual melalui aplikasi zomm meeting, Sabtu (14-08-2021) di Koperasi Permata Gayo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah.

Tampak juga hadir mendampingi Gubernur Aceh saat itu Bupati Aceh Tengah, Bupati Gayo Lues, Danrem 011 Lilawangsa, Kadis Pertanian Aceh, Kadis Perdagangan Aceh, dan sejumlah pejabat dari Provinsi Aceh, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual memberikan beberapa arahan diantaranya, bahwa pada hari ini Sabtu, (14 Agustus 2021) dilakukan ekspor komoditas pertanian secara serentak dari 17 pintu ekpor melalui bandara udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Wilayah Indonesia.

Presiden RI juga menjelaskan, sebagai momentum penguatan ekspor komuditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Dia juga memberi apresiasi setinggi tingginya kepada petani, peternak, pekebun, pelaku usaha agro bisnis, pemangku kepentingan pertanian lainnya yang selama pandemi bekerja keras tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat tetapi juga berhasil meninggkatkan ekpor produk pertanian.

“Sektor pertanian salah satu sektor yang mampu bertahan di era pandemi. Ekspor pertanian tahun 2020 naik 15,70 persen dibanding tahun 2019,” kata Joko Widodo.

Kegiatan peningkatan ekonomi nasional ini dapat menjadi pemicu diberbagai sektor ekonomi sehingga target pertumbuhan ekonomi dapat tercapai dimasa pandemi Covid-19. (SP/Ag)