Empat Inovasi Pemkab Aceh Tengah di IGA 2021

130
Subhandy, Sekda Aceh Tengah

Takengon, tanohgayo.com– Pada Tahun 2020, Kabupaten Aceh berhasil memperoleh anugerah penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) 2020 atau Indeks Inovasi Daerah (IID).

Penilaian Indeks Inovasi merupakan salah satu kewajiban Kepala Daerah untuk melaporkan inovasi yang dilakukan dalam berbagai bidang, khususnya dalam hal pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan inovasi daerah dalam bidang lainnya.

Kabupaten Aceh Tengah untuk tahun 2021 akan kembali mengikuti ajang Innovative Government Award (IGA) 2021 atau Indeks Inovasi Daerah (IID), sebagai salah satu ajang bergengsi di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri RI) melalui Badan Litbang tersebut.

Sehubungan dengan proses penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID) berupa penginputan Inovasi laman Innovative Government Award Tahun 2021 telah memasuki batas waktu penginputan. Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar melalui Bappeda Kabupaten Aceh Tengah c/q Bidang Penelitian dan Pengembangan, meminta seluruh OPD untuk penginputan inovasi dimaksud melalui akun masing-masing OPD di laman Innovative Government Award Tahun 2021.

Menindaklanjuti hal tersebut, agar jajaran di lingkup Setdakab Aceh Tengah untuk segera turut menginput inovasi dimaksud. “Untuk seluruh Bagian dilingkungan Setdakab Aceh Tengah yang telah mengajukan inovasi, agar segera melakukan penginputan, mengingat telah dekatnya batas akhir waktu yang diberikan untuk penginputan,” pinta Sekda Subhandhy, Jum’at (17/09/2021).

“Dimana dari hasil pemantauan yang kami lakukan, terlihat kemajuan proses input belum maksimal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Aceh Tengah” tekannya lebih lanjut.

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, Pemerintah Daerah diberi peluang untuk menciptakan inovasi-inovasi terkait dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan. Setdakab Aceh Tengah sendiri terus berupaya bergerak memenuhi harapan masyarakat terhadap pelayanan ke arah lebih baik, untuk tahun 2021 Setdakab meluncurkan 4 Inovasi sudah berjalan selama ini, hanya proses penamaannya saja yang baru disematkan belakangan.

Adapun 4 Inovasi yang dimaksud salah satunya digagas oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Aceh Tengah yang diberi nama “Informasi Pembangunan Kabupaten Aceh Tengah” atau disingkat “IPAKATEN”.

Sedangkan 3 Inovasi lainnya merupakan inisiator dari Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Aceh Tengah yang masing-masingnya bernama “Agenda Kegiatan Aktual lewat WA” atau disingkat “AKALWA”, “Koordinasi Antar Media Informasi Protokol Komunikasi” disingkat “KAMIPRO” serta “Kabar Informasi Terkini Pimpinan Daerah Gayo” atau dinamai “KENI GAYO”.

Peluang untuk menciptakan inovasi pada jenis tata kelola pemerintahan sudah sangat luas dan terbuka. Pada inovasi pelayanan publik, pemerintah merupakan pelayan masyarakat sehingga semua organisasi pemerintahan sengaja dibentuk untuk pemenuhan kepentingan para anggota organisasi yaitu masyarakat itu sendiri.

Kabupaten Aceh Tengah akan terus berinovasi dalam rangka membangun struktur pemerintahan yang sesuai dengan kebutuhan daerah, tanggap serta responsif terhadap kepentingan masyarakat luas, disertai sistem pemerintahan dan administrasi yang kompetitif, serta mengembangkan sistem manajemen pemerintahan yang efektif. (RL/AG)