Home Olahraga Hasil Voting KONI se-Sumatera, Aceh Tuan Rumah Porwil XI 2023

Hasil Voting KONI se-Sumatera, Aceh Tuan Rumah Porwil XI 2023

12
0

Bengkulu  – Pelaksanaan Pekan olahraga wilayah (Porwil) Sumatera ke XI tahun 2023 dipastikan akan digelar di Aceh. Keputusan tersebut berdasarkan hasil Rapat Koordinasi KONI se-Sumatera yang digelar di Hotel Horison, Bengkulu, Kamis malam 7 November 2019.

Ketua Tim Pemenangan Tuan Rumah Porwil XI tahun 2023 Aceh, M Nasir Syamaun SIP, MPA menjelaskan, ada tiga daerah yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah yaitu; Aceh, Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan.

Forum kemudian sepakat melakukan voting untuk menentukan siapa yang akan menjadi penyelenggara even akbar lima tahunan di Pulau Sumtera tersebut. “Alhamdulillah, kita memenangkan voting,” kata M. Nasir yang juga Sekum KONI Aceh.  

“Aceh berhasil meraih enam suara, Jambi tiga suara dan Sumatera Selatan hanya satu suara.” 

Rapat pemilihan tuan rumah Porwil ini dihadiri seluruh pimpinan KONI Provinsi se-Sumatera yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung dan Bengkulu.

Dalam upaya memenangkan tuan rumah Porwil, sebelumya Tim Pemenangan Aceh harus bergerilya mencari dukungan. Prosesnya tidak gampang. Ada lobi-lobi yang harus ditempuh oleh Tim Pemenangan. 

Selain M. Nasir, dari Aceh turut hadir Wakil Ketua IV KONI Aceh Safriel Anthoni, Wakil Ketua V Faisal Saifuddin, Ketua Bidang Oraganisasi Akhyar dan Staf Humas Sekretariat KONI Aceh Qahar Muzakar. 

M. Nasir, menjelaskan, Aceh siap menjadi tuan rumah Porwil ke XI tahun 2023. Apalagi pada tahun 2024 Aceh juga merupakan tuan rumah PON XXI bersama Sumatera Utara. “Pelaksanaan Porwil 2023 di Aceh juga bisa menjadi ajang ujicoba kepanitiaan menjelang PON XXI tahun 2024,” kata M. Nasir. 

Penyerahan Bendera Tuan Rumah Porwil XI tahun 2023 akan dilakukan bersamaan dengan penutupan Porwil X 2019 pada Sabtu malam 9 November 2019 di Stadion Semarak, Kota Bengkulu.[]