Ini Harapan Bupati ke Pemerintah Aceh di Musrenbang RKPD 2021

92

Takengon, tanohgayo.com – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021 bertempat di Gedung Ummi Pendopo Bupati setempat, Senin (20/04/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memenuhi amanah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan RKPD serta menyingkronisasikannnya dengan prioritas pembangunan.

Shabela menyampaikan, berdasarkan pengalaman pelaksanaan Musrenbang pada tahun-tahun sebelumnya selalu usulan belanja lebih besar atau melampaui dari kemampuan keuangan daerah. Untuk itu dia meminta dalam Musrenbang pada tahun ini, dapat dirumuskan program dan kegiatan yang sangat prioritas. Terlebih adanya dampak (sosial ekonomi) pendemik Corona di tahu 2021.

Kepada seluruh OPD di Kabupaten Aceh Tengah untuk menghitung dan menyiapkan data terkait dengan dampak sosial, ekonomi dan kemasyarakatan yang menurun akibat Pandemi Covid-19, untuk diselaraskan dan dapat diakomodir penanganannya pada tahun 2021.

“Kami memperkirakan, akibat adanya wabah Covid-19 maka penerimaan negara akan berkurang, jadi secara otomatis proyeksi dana transfer ke daerah juga akan berkurang pada tahun 2021, seperti yang kita alami pada tahun 2020 ini”, tuturnya.

“Sebagaimana janji kampanye Shafda, sampai dengan akhir periode kepemimpinan kami, angka kemiskinan dapat ditekan dibawah angka 10%. Kami khawatir angka tersebut sulit dicapai bila pandemi ini terus berkepanjangan. Untuk itu, kami minta OPD atau SKPK dapat berfikir kreatif, agar misi tersebut dapat kita wujudkan melalui sinergi dan kolaborasi perencanaan pembangunan,” tegasnya.

“Tolong disesuaikan kegiatan dengan pemulihan dampak Covid-19 karena dampaknya akan terasa dalam bentuk pengangguran dan kemiskinan”, tambahnya.

Kepada Kepala Bappeda Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Litbang, Dr. Ir. Ema Elmina, MP yang mengikuti kegiatan melalui Video Conference, Bupati berharap kepada Bappeda Provinsi Aceh, untuk dapat menyahuti beberapa usulan program dan kegiatan yang dapat dilakukan di Kabupaten Aceh Tengah.

Yang harus segera mendapat perhatian karena  wewenangnya ada pada Pemerintah Provinsi Aceh, pemeliharaan jalan dan jembatan, jalan penghubung antar kabupaten, optimalisasi Geopark Pertanian di Burni Bius berikut usulan program Geopark Danau Laut Tawar dan Geopark Bur Telege, serta percepatan pembangunan Rumah Sakit Regional di Belang Bebangka, Kecamatan Pegasing. (wyra)