Home Aparatur Jelang Liburan Disiplin Prokes Diminta Jangan Kendur

Jelang Liburan Disiplin Prokes Diminta Jangan Kendur

46
Terapkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) Raker Pimpinan dan Anggota Komisi Pendidikan Parlemen Aceh dihadiri Ketua Komisi VI Irawan Abdullah baru-baru ini di Banda Aceh/Foto,Ist

Banda Aceh, Tanohgayo – Ketua Komisi Pendidikan Parlemen Aceh DPRA Irawan Abdullah mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) selama musim liburan guna mencegah merebaknya pandemi.

“Masa libur ini disamping silaturrahim, sebagian mungkin ada yang ke lokasi wisata. Mesti dipastikan lokasi-lokasi wisata itu menerapkan prokes yang baik atau tidak,” tegas Irawan.

Irawan mengingatkan agar masyarakat memperhatikan lingkungan sekitar diharapkan Aceh terhindar dari lonjakan kasus Covid-19 seusai liburan nanti.

“Tren Covid ini kan tidak selama tetap, kadang naik-naik, besoknya turun, namun mendadak melonjak naik. Perlu lebih waspada selama liburan , kan lebih baik mencegah dari mengobati.”ungkap Irawan Abdullah.

Satgas nasional Percepatan Penanganan Covid-19 pekan lalu mengingatkan kemungkinan meningkatnya kasus Covid pasca liburan dan minta masyarakat lebih waspada memperkuat prokes di lingkungan masing-masing.

Baru-baru ini,  Satgas Penanganan Covid nasional menyebutkan Aceh sebagai provinsi dengan peningkatan kasus kematian tertinggi terutama periode 12-18 Oktober. Kondisi itu sekaligus menempatkan Aceh di posisi teratas kenaikan kasus kematian Covid-19 dari 10 provinsi prioritas penanganan. Enam  wilayah di Aceh,  Bireuen, Subulussalam, Bener Meriah, Langsa, Aceh Utara dan Tamiang berada di zona merah dari zona oranye priode sebelumnya, 250 warga meninggal dan kasus korona Aceh tembus lebih 7000 kasus.

Beberapa warga mengaku cukup khawatir dengan peningkatan kasus Aceh terutama risiko penularan pandemi selama liburan disebabkan meningkatnya mobilitas warga yang melitas antar wilayah.

Warga Aceh Utara , Tuti (50) Ibu rumah tangga memilih liburan di rumah.

“Musim Covid gini ya baikan libur di rumah aja lah, di desa saja sama keluarga,” papar Tuti.

Direktur Eksekutif Pusat Riset Pendidikan dan Pemberdayaan Aceh CCDE Tabrani Yunis mengingatkan masyarakat lebih waspada resiko terpapar Covid pasca liburan.

“Intinya Prokes jangan kendur dimana-mana (Aceh), kan ironi sementara selama pandemi ini sekolah ditutup mampu cegah klaster sekolah, lalu liburan piknik kemana mana terjadi peningkatan kasus  , saran saya aman di rumah saja,” tambah Tabrani.

Libur panjang seperti dikutip laman Covid19.go.id , 28 Oktober – 1 November 2020 segera tiba.Walaupun begitu, COVID-19 masih hadir di antara kita, sehingga penting untuk tetap disiplin protokol kesehatan untuk terhindari dari penularannya.

Tetap #PakaiMasker #JagaJarak, #CuciTanganPakaiSabun, dan hindari kerumunan.

Bila ada sanak keluarga yang berkunjung, terapkan protokol kesehatan dan zonasi aman COVID-19 di rumah.

Pelaku usaha juga dapat siapkan langkah antisipatif pada karyawan yang bepergian keluar kota saat liburan, utamanya yang berkunjung ke wilayah zona oranye atau merah.
Yang paling aman adalah dengan liburan #DiRumahAja (Agus Rahmad B)