Home Aparatur Kegiatan Sekolah Diwacanakan Segera Aktif 2 Juni Tapi Tanpa Tatap Muka

Kegiatan Sekolah Diwacanakan Segera Aktif 2 Juni Tapi Tanpa Tatap Muka

48
Drs Uswatuddin, Kadis Pendidikan Aceh Tengah

Takengon, tanohgayo.com– Kegiatan aktifitas di lembaga pendidikan diwacanakan akan segera aktif kembali sejak 2 Juni 2020. Hal tersebut diutarakan Kadis Pendidikan Aceh Tengah Drs. Uswatuddin, MAP, Sabtu (30/5/2020).

“Diwacanakan akan aktif kembali 2 Juni 2020, namun tidak ada tatap muka guru dengan murid di ruang kelas. Tapi persiapan pengumuman Ujian Nasional (UN) bagi kelas 3 SMP dan kelas 6 tingkat sekolah dasar (SD),” ungkap Uswatuddin.

Kegiatan belajar mengajar sebelumnya dihentikan sejak mewabahnya Covid-19, sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan melalui online.

Dijelaskan Uswatuddin, ada wacana pemerintah, sekolah se-Provinsi Aceh akan aktif kembali sejak  tanggal 2 Juni hingga 20 Juni 2020 namun hanya untuk dewan guru dan kepala sekolah untuk persiapan pengumuman ujian nasioanal dan pembagian rapor. Namun pemerintah jugamempersiapkan standar sesuai penanganan covid 19.

Pada tanggal 20 Juni 2020, akan dilakukan pembagian rapor namun dengan aturan, ada pembagian waktu sehingga tidak terjadi keramaian di sekolah. Dengan penerapan protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, menyediakan wastafel dan sabun cuci tangan, jaga jarak. “Ada pembagian waktu untuk menghindari keramaian dan standar penanganan Covid-19,” kata Uswatuddin.

Dari tanggal 20 Juni hingga 13 Juli, murid dan pelajar akan menjalani libur semester. Hingga akhir libur sekolah akan menunggu keputusan pemerintah untuk memperpanjang libur atau sekolah dapat berjalan sebagai mestinya sesuai kondisi perkembangan wabah Covid-19.

Namun hingga kini, Pemkab Aceh Tengah belum menerima Surat Edaran (SE) dari Pemerintah Pusat ataupu edaran Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, dasar kegiatan sekolah kembali dibuka. Namun, tetap diwacanakan tanggal 13 Juli 2020 sesuai kalender akademik sekaligus awal tahun pelajaran baru 2020/2021. (wyra)