Keren, Ken Conto! 21 BUMK Punya Saham Bangun SPBU Pertamina PRG

536

Redelong, tanohgayo.com-Sebanyak 21 kampung dalam Kecamatan Pintu Rime Gayo (PRG) memiliki saham senilai RP. 300 Juta, setara 4,5% pada PT. Pintu Rime Gayo Energi untuk membangun SPBU Pertamina PRG dengan total penyertaan modal Rp. 6,6 Milyar.

SPBU tersebut direncanakan akan dibangun pada calon lahan dipinggir jalan Bireuen Takengon Desa Blang Ara dengan luas lahan SPBU 3000 m2.

“Saat ini kita sudah masuk tahap permohonan rekomendasi usaha dari Bupati BM (hari ini sudah selesai diserahkan kepada Wakil Bupati) dan selanjutnya kita akan sampaikan proposal kemitraan SPBU dengan pihak Pertamina di Banda Aceh. Insya Allah akan kami serahkan minggu depan,” ungkap Ilham selaku Direktur pada PT. Pintu Rime Gayo Energi kepada tanohgayo.com, Senin (24 Mei 2021)

Terang Ilham, sebanyak 21 desa menanamkan saham seluruhnya (100%) di BUMDESMA Pintu Rime Gayo. Kemudian BUMDESMA PRG membentuk anak perusahaan yaitu PT. Pintu Rime Gayo Energi sebagai pengelola SPBU dengan komposisi saham 95,65% dan 4,35% Bapak Farid Wajidi sebagai ketua Forum Reje PRG.

SPBU Pertamina Pintu Rime Gayo adalah sebuah investasi usaha penanaman modal yang bersumber dari anggaran 21 desa, yang memiliki nilai startegis dan vital dalam penyaluran BBM bagi masyarakat. Investasi yang menguntungkan dan berkelanjutan. Sebuah usaha yang benefit dan precise. Asset desa yang memiliki nilai tinggi dan akan terus bertambah.

Wakil Bupati Bener Meriah, Dailami pada kesempatan menerima permohonan rekomendasi menyatakan dukungan pemerintah untuk SPBU Pertamina Pintu Rime Gayo. “Kami selaku pimpinan daerah mendukung pembangunan SPBU Pintu Rime Gayo, sebagai mana yang di presentasikan oleh Pak Ilham selaku Direktur PT. Pintu Rime Gayo Energi,”ucap Dailami.

Dia berharap seluruh dokumen terkait pembangunan SPBU PRG agar semuanya segera diselesaikan, baik terkait izin, dan terkait hal lain yang dibutuhkan. “Saya harap dinas terkait agar jangan mempersulit, jika ada kendala yang dihadapi agar segera disampaikan kepada saya sehingga SPBU PRG ini secepatnya bisa terwujud di Kabupaten Bener Meriah, karena SPBU ini adalah milik daerah, dengan demikian Kabupaten Bener Meriah merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki SPBU Pertamina milik sendiri,”kata Dailami.

Wabup juga meminta agar Direktur PT. Pintu Rime Gayo Energi untuk dapat memberikan pemahaman terkait untung dan rugi kepada reje kampung yang selaku penanam saham. Sehingga hal yang tidak diinginkan di kemudian hari tidak akan terjadi.

“Pak Ilham harus memberikan pemahaman kepada pemilik saham, baik itu terkait untung dan rugi, baiknya bapak juga harus membuat surat perjanjian dengan pemilik saham, apa kewajiban dan tanggung jawab sebagai pemilik saham ini harus jelas,” pinta Dailami.

Disisi lain Wabup juga meminta agar dalam menjalankan bisnis, pemilik bisnis harus memperhatikan dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen, sehingga konsumen akan merasa senang serta puas, dengan demikian konsumen akan selalu mengingat pelayanan yang diberikan, “ini poin penting yang harus dimiliki dalam menjalankan bisnis,”ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si dalam kesempatan yang sama menambahkan, bahwa dalam menjalankan sebuah bisnis harus menyadari bahwa tantangan pasti akan banyak dihadapi. Sekda mengharapkan agar koordinasi dengan pihak yang mengerti dibidangnya harus dijalankan.

Rapat yang berlangsung di ruangan Saber Pungli Pemerintah Kabupaten Daerah itu juga turut dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Armansyah, SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drh. Sofyan, Kadis BPMPTSP Ruh Akbar, SH, Kadis Lingkungan Hidup dan Pertamanan Fitra Gunawan, AP, Direktur Bank Aceh Syariah Zaki, Camat Pintu Rime Gayo Eddy Iwansyah Putra, SH, Kabag Protokol dan Kominukasi Pimpinan Ruslan Ramadhan, S.STP. (wyra)