Ketua IDI Aceh: Soal Vaksin Tunggu Rekom BPOM dan MUI

335
Baliho jumbo ajakan cegah Corona dengan pakai masker di pusat kawasan RTH yang sejuk kota Jantho, Aceh Besar/Foto Agus RB

Banda Aceh, Tanohgayo,com – Aceh menunggu rekomendasi dari Balai Pengawasan Obat Makanan BPOM dan Majelis Ulama Indonesia MUI terkait penggunaan vaksin.

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh DR. dr. Safrizal Rahman di Banda Aceh, baru-baru ini.

“Jika Balai POM menyatakan dapat dipakai dan Majeis Ulama Indonesia MUI menyatakan halal, IDI Aceh siap mempromosikan itu agar masyarakat Aceh menggunakan vaksin, “tegas dr. Safrizal Rahman.

Antisipasi provinsi , tambah Safrizal, bukan hanya soal perkembangan penularan Covid yang terjadi di Inggris dan beberapa negara lain.

“Yang harus diperhatikan diwaspdai itu ya, jangan sampai ada lonjakan kedua seperti yang terjadi di Jawa, ini yang juga perlu meningkatkan kewaspadaan kita Aceh, karena memang grafik pandemi itu naik, kemudian turun, kemudian flat, kita ini Aceh berada dalam kondisi flat dan naik lagi, “pungkas Safrizal.

Ia mengatakan, Aceh jangan sampai kasus Coronanya naik lagi, jangan terjadi lonjakan kedua, seperti yang terjadi di Jawa, Aceh harus ekstra waspada.

Kemenkes Sarankan Libur Di Rumah Saja

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian keluar rumah setelah libur panjang.

Dia menyarankan untuk berdiam di rumah maksimal 10 hari untuk memastikan kondisi kesehatan.

“Harapannya kalau kita disiplin apalagi nanti sudah pulang liburan jangan langsung semuanya bergerak ke mana-mana, kalau bisa 5 hari dulu di rumah atau 10 hari dulu di rumah sampai terbukti kita sehat baru bekerja kembali,” kata Budi, dalam keterangannya di situs Kemenkes, baru-baru ini.

Budi menuturkan penerapan protokol kesehatan membantu penanganan COVID-19, terutama bagi tenaga medis yang bertugas di rumah sakit. Dia meminta masyarakat memastikan kondisi kesehatannya dalam keadaan baik setelah liburan.

Guna memastikan penanganan pasien COVID-19, Budi juga melakukan sidak ke sejumlah rumah sakit di Jakarta,  sidak dilakukan untuk mengetahui kesiapan tempat tidur pasien COVID-19.

#PakaiMasker #JagaJarak #CuciTanganPakaiSabun adalah perilaku kunci minimalkan risiko tertular COVID-19. Disiplinkan diri, ingatkan orang lain. covid19.go.id