Home Aparatur Ketua IDI Aceh: Tren Baru Penurunan Kasus Covid-19

Ketua IDI Aceh: Tren Baru Penurunan Kasus Covid-19

36
Fasilitas cuci tangan bantuan melindungi warga dari Covid-19,/Foto. Agus RB

Banda Aceh, Kabargayo – Dari 23 kabupaten kota, Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dinilai mengalami perkembangan cukup berarti terkait penurunan kasus Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh dr. Syafrizal Rahman yang dihubungi lewat ponsel di Banda Aceh , Jumat (30/10).

“ Ada tren baru terutama di Banda Aceh dan Aceh Besar ada penurunan kasus, kita berharap jangan sampai beralih kasusnya ke wilayah kabupaten kota lain selain yang dua ini,”ungkap Syafrizal.

Momentum pasca liburan, tambah dr. Syafrizal , yang mesti dijaga jangan terjadi lonjakan kasus dan diwaspadai.

Sementara kasus Covid-19 Aceh secara akumulatif sejak 27 Maret 2020. Jumlah kasus Covid-19 sudah mencapai 7.394 orang. Penderita yang dirawat saat ini 1.601 orang, sembuh 5.522 orang, dan 271 orang meninggal dunia. Pidie Jaya, Bireuen dan kabupaten Aceh Utara sementara zona merah, 20 kobupaten kota lainnya oranye.

Kasus konfirmasi seperti dilaporkan Satgas Covid Aceh, sebanyak 21 orang, meliputi warga Bireuen dan Kota Langsa 4 orang. Warga Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Aceh Utara, Banda Aceh, dan Kota Lhokseumawe, masing-masing 2 orang. Selanjutnya, warga Aceh Jaya dan Aceh Timur sama-sama 1 orang. Sisanya, 1 orang dari luar daerah.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh seperti dikutip media jaringan lokal, mengapresiasi tim medis dan tenaga kesehatan yang tak kenal libur dan cuti bersama. Mereka melaksanakan tugas di Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah.

Satgas mengimbau warga agar tetap konsisten cegah Covid-19 dengan mematuhi prokes, 3M, mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun, pakai masker dan jaga jarak hindari kerumunan. (Agus Rahmad B)