Home Aparatur KONI Aceh Tengah Bahas Program Kerja 2019-2023

KONI Aceh Tengah Bahas Program Kerja 2019-2023

83

Takengon, tanohgayo.com- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh Tengah melaksanakan rapat kerja (raker), Sabtu (22 Feb 2020) di ofroom Setdakab. Raker KONI Aceh Tengah periode 2019-2023 dihadiri seluruh bidang, Kepala Bappeda Amir Hamzah, Kadispora Jumadil Enka, dan perwakilan Kapolres Aceh Tengah.

“Raker KONI merupakan pedoman dalam merencanakan, melaksanakan dan evaluasi kegiatan pembinaan keolahragaan,” kata Ir. Djumhur Ketua Umum KONI Aceh Tengah.

Djumhur juga mengungkapkan bahwa raker bertujuan agar prestasi di Kabupaten Aceh Tengah mampu mencapai titik optimal dan mampu meningkatkan manajemen olahraga yang baik. Lain itu dengan program kerja, akan muncul program kerja dan bisa dilaksanakan di semua bidang.

Djumhur juga berharap dengan adanya raker, para pengurus bidang dan sekretariat dalam bekerja bisa maksimal, efektif, transparan dan akuntabel.

Kepada pengurus, Djumhur berharap, program kerja KONI periode 2019-2023 dapat disusun untuk jangka pendek dan jangka panjang. “Untuk menentukan program jangka pendek dan jangka panjang. Meski nantinya program jangka panjang tidak dapat terealisasi bisa dilanjutkan pengurus KONI yang selanjutnya,” pungkasnya.

Tanggapan Pemkab

Kepala Bappeda Amir Hamzah mewakili pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah menyatakan serius mendukung program olahraga. “Pemkab Aceh Tengah punya tanggungjawab moral untuk bidang olahraga karena sesuai dengan misi bupati,” kata Amir Hamzah.

Kepedulian terhadap olahraga juga harus didukung dengan strategi. Peran KONI salah satunya memberikan usulan, masukan dan program agar sinergi dengan perencanaan yang disusun pemerintah.

Sebagai induk organisasi olahraga, maka harus juga sinergi dengan Disparpora selaku koordinator dan mitra pelaku olahraga.

“Tugas KONI memberikan masukan dalam program kerja yang hasilnya dapat dilihat, indikatornya ada. Minsal, bagaimana nantinya pengurus dan Pengcab kedepan bisa mendorong mendapat raihan mendali yang lebih banyak di PORA,” kata Amir Hamzah.

Pelaku olahraga harus memiliki mimpi yang baik. Sehingga mimpi itu bisa tercapai dengan baik dengan perencanaan yang matang. “Kita (pemkab) sedang perjuangkan dana migas seluruhnya untuk olahraga. Sehingga sarana dan prasarana olahraga di Aceh Tengah terus lebih baik dan sesuai standar,” pungkas Amir Hamzah.

Ini Kata Kadisparpora di Raker KONI Aceh Tengah

Kadisparpora mengungkapkan Kadisparpora Aceh Tengah dihadapan pengurus KONI mengungkapkan akan mendukung program kerja termasuk sarana dan prasarana. “Untuk kantor KONI sudah tercatat di provinsi sehingga kita sudah membuat DED untuk kantor cabang olahraga,” kata Jumadil Enka.

Jumadil juga menyatakan selama ini ada cabang olahraga yang mengusulkan dana hibah, namun belum dapat diakomodir pihaknya. Untuk hibah, sesuai peraturan hanya dapat diberikan kepada instansi induk olahraga yaitu KONI. “Nanti tinggal bagaimana KONI mengaturnya. Hal itu sesuai peraturan,” jelasnya.

Selain itu, pelaksanaan event olahraga harus diketahui KONI sebagai induk. Untuk itu sangat perlu dilaksanakan raker sehingga program bisa berdampak baik pada seluruh stakholder.

Jumadil juga berharap KONI Aceh Tengah dapat bersinergi perihal data atlet berprestasi. Bahwa pihaknya memiliki data untuk olahraga pelajar namun data atlet olahraga berprestasi tentu pihak KONI yang lebih update.“Data tidak ada di dinas. Data atlet berprestasi untuk disampaikan kepada kami, karena sering luput sehingga perlu sinergi,” kata Jumadil.

Dengan adanya sinergi, Disparpora juga sudah merencanakan kerja sama dengan pihak kampus. Bahwa atlet berprestasi yang kurang mampu akan diusulkan sebagai penerima beasiswa. Sehingga atlet dapat melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi. ***