Home Aparatur KWT Rahayu Arul Gele Ikut Berperan Serta dalam Menjaga Ketahanan Pangan

KWT Rahayu Arul Gele Ikut Berperan Serta dalam Menjaga Ketahanan Pangan

27

Takengon, tanohgayo.com–  Kelompok Wanita Tani (KWT) Rahayu, di Kampung Arul Gele Kecamatan Silih Nara aktif berperan serta dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Tengah.

KWT Rahayu bersinergi dengan Kader PKK diwilayahnya dalam menata lahan, dengan pemanfaatan pekarangan rumah. Tidak hanya menjadi sumber pangan keluarga namun juga menghemat pengeluaran belanja pangan apalagi dimasa pandemi seperti ini.

“Pemanfaatan pekarangan dapat menjadi sumber pangan keluarga apalagi dimasa pandemi ini. Kita tinggal petik tanaman sayuran atau bumbu tanpa harus membeli,” kata Puan Ratna, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah saat mendampingi Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar ketika mengunjungi rumah bibit dan demplot Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dikelola oleh KWT Rahayu, di Kampung Arul Gele Kecamatan Silih Nara, Sabtu (5 September 2020).

Selain itu lanjutnya, dengan pemanfaatan pekarangan dan menanam sayuran secara berkelompok, berpotensi menambah nilai ekonomi yang berorientasi pada bisnis. Karena jika dikembangkan dengan benar hasilnya bisa dipasarkan ke luar Desa/Kampung.

“KWT Rahayu sudah sering hasil tanaman ini dibeli oleh pedagang sayur keliling, meskipun dengan cara dibarter dengan kebutuhan dapur lainnya seperti tempe, ikan dan lain sebagainya,” terang Puna.

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) juga merupakan bentuk dukungan dan peran serta ibu-ibu rumah tangga atau Kader PKK dalam pembangunan di bidang ketahanan pangan, apalagi pula program ini sangat selaras dengan program HATINYA PKK yakni Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman.

“Selain memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur dan bumbu masakan, pekarangan rumah kita menjadi halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman sepeti HATINYA PKK,” pungkas Puan Ratna. (WR)