Home Pendidikan LIPGA MENGADAKAN SOSIALISASI SAMPAH

LIPGA MENGADAKAN SOSIALISASI SAMPAH

108
0

Takengon, LSM LIPGA Kabupaten Aceh Tengah bekerjasama denganPT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Sumatera 5, Rabu, (17/07/2018) mengadakan Sosialisasi dengan temaSampah adalah sumber perekonomian.kuTingkat Pelajar SMP, MTs, SMA dan MAS Seputar Kampung Danau Lut Tawar padaProgram Kampung Cepat Tanggap II.

Sebagaimana laporan dari GUSTI (Direktur Utama LSM LIPGA Aceh Tengah), untuk Tahun 2018 kita dipercayakankembali oleh PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana ProyekPembangkit Sumatera 5 melaksanakan Program Kampung CepatTanggap II di Kampung dan Kecamatan Seputar Danau Lut Tawardengan nilai kontrak Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah)selama 6 (enam) bulan dimulai dari Juli s/d Desember 2018 dengan 8 (delapan) rangkaian kegiatan antara lain :

1) Sosialisasi sampah adalah sumber perekonomianku bagi pelajar
2) Pendidikan gerakan menjaga lingkungan dan hutan berbentukpamplet
3) Pembentukan bank sampah di 2 kampung
4) Pendampingan 4 bank sampah yang sudah terbentuk
5) Pembentukan bank pohon di 2 kampung
6) Diklat pengelolaan sampah dan tanggap bencana
7) Bimtek pembuatan karya dari barang bekas
8) Pesta rakyat dalam rangka penutupan program

Kegiatan sosialiasi pada hari ini adalah kegiatan pertamadalam Program Kampung Cepat Tanggap II dan dilaksanakan di Aula SMA 7 Takengon atau SMA Bintang dengan peserta pelajarkhususnya pengurus osis dan pelajar peduli lingkungan tingkatSMP, MTs, SMA dan MAS Seputar Kampung Danau Lut Tawardengan jumlah ± 150 orang dengan anggaran Rp. 1.750.000,-(Satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dengan tujuan1). Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian pelajar akan pentingnya sampah dalam kehidupan sehari-hari disamping untuk dibuang bisa juga untuk meningkatkan pendapatan melalui bank sampah, dijadikan pupuk organik dll 2). Meningkatkan rasa tanggungjawab pelajar terhadap sampah sendiri disekolah dan keluarga sehingga bisa menjadikannya bermanfaat.

Adapun narasumber dari kegiatan ini adalah 1). Kepala DinasLingkungan Hidup Kabupaten Aceh Tengah Bapak Ir. ZIKRIADI, MM dan 2). Junior Engineer Teknik Sipil dan Ketua Tim CSR Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Sumatera 5 Bapak Rizka AfriKiniko

Dilanjutkan oleh GUSTI kita sangat berharap kegiatan yang sederhana dan waktu yang singkat ini dapat bermanfaat…yang manfaatnya akan kita dapat mulai dari selesainya acara ini..ayopelajar peduli, sadar dan tanggungjawab terhadap sampah sendiridan keluarga dalam rangka menciptakan lingkungan yang lestaridan indah dipandang mata []