Home Aparatur Lomba Kampung Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2020, Ini Juaranya

Lomba Kampung Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2020, Ini Juaranya

17

Takengon, tanohgayo.com-Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) melakukan penilaian terhadap Kampung di 6 (enam) Kecamatan dari 14 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Aceh Tengah, sejak awal 2020 lalu.

Penilaian dilakukan untuk tingkat Kecamatan dan Kabupaten serta akan dilanjutkan penilaian untuk tingkat Provinsi pada tahun 2021 sementara untuk tingkat Nasional sementara waktu ditiadakan mengingat masih merebaknya pandemi Covid-19.

Kriteria penilaian kampung dilakukan oleh beberapa dinas terkait diantaranya aspek pemerintahan kampung, aspek kewilayahan serta aspek kemasyarakatan. ÔÇťAdapun syarat untuk mengikuti evaluasi kampung di setiap tingkatan adalah ketersediaan profil kampung dalam dua tahun terakhir, meliputi rekapitulasi data dasar total KK, potensi kampung, serta tingkat perkembangan kemajuan kampung tersebut,” jelasnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Aceh Tengah No. 411.1/551/DPMK tertanggal 25 Februari 2020, Kampung Bukit Kemuning, Kecamatan Jagong Jeget berhasil meraih juara pertama, Kampung Kutenireje Kecamatan Lut Tawar juara kedua serta juara ketiga dipegang oleh Kampung Rejewali Kecamatan Ketol.

Sementara itu, juara harapan satu didapatkan oleh Kampung Pilar Wih Kiri Kecamatan Rusip Antara, Kampung Linung Bulen II Kecamatan Bintang sebagai juara harapan dua serta Kampung Tapak Moge Timur Kecamatan Kute Panang meraih juara harapan tiga.

Apresiasi juga diberikan bagi kampung terbaik dalam pengelolaan keuangan kampung tahun 2020 dengan kategori ketepatan waktu pengajuan APBKampung Tahun 2020 di raih oleh Kampung Bukit Kemuning Kecamatan Jagong Jeget, kategori terbaik dalam penerapan Aplikasi Siskeudes diraih Kampung Kung Kecamatan Pegasing, kategori terbaik dalam ketepatan penyampaian realisasi APBKampung Tahun Anggaran 2019 diraih Kampung Bukit Sari Kecamatan Jagong Jeget dan kategori terbaik dalam ketepatan penyampaian laporan penggunaan dana desa tahap I dan tahap II Tahun Anggaran 2020 diraih Kampung Gelelungi Kecamatan Pegasing.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah selama ini, terus berupaya membina dan meningkatkan kualitas aparatur Kampung, terkait pembuatan Dokumen Perencanaan Kampung, administrasi pertangung jawaban keuangan kampung, serta kelengkapan administrasi pemerintahan lainnya.

“Berdasarkan pengalaman, banyak terjadi perselisihan yang disebabkan kurangnya koordinasi dan pengetahuan aparatur kampung, terutama untuk penggunaan Dana Desa, baik itu karena tidak sesuai perencanaan maupun, terkait penyimpangan pelaksanaan anggaran keuangan,” terangnya. (AG)