Home Aparatur Menu Warkop Diminta Lebih Ramah Prokes

Menu Warkop Diminta Lebih Ramah Prokes

65
Pemilik warkop diminta lindungi pengunjung dan menyajikan Kue-kue lokal yang dijamin kesehatannya./Foto Agus RB

Banda Aceh, Kabargayo – Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani (SAG) mengingatkan pemilik warung kopi (kafe) menerapkan Prokes dalam pelayanannya, terutama menyajikan menu-menu yang lebih aman melindungi pengunjung dari terpapar corona.

Hal tersebut disampaikan SAG di Banda Aceh Jumat (30/10).
“Makanan yang disajikan harus dalam bungkusan, karena kita melihat masih banyak warung kopi atau kafe, makanan yang disajikan itu terutama kue kering atau setengah basah, tanpa bungkusan,” Ungkap SAG.

Menurut Saifullah Abdulgani perlu lebih saling menjaga dengan lebih taat prokes teramsuk soal menu yang disajikan.

“Bayangkan ada jenis kue-kue dari pagi sampai sore beredar dibanyak meja , berapa orang yang pernah menyentuh tetapi tidak jadi memakannya , kasian kepada pengunjung atau pelanggan yang datang , kan tujuannya untuk mengantar rezeki tetapi tidak dapat manfaat,”imbuhnya.

SAG berharap pengunjung maupun pelayan warkop sama-sama saling melindungi dari terpapar corona.

“Yang wajib benar-benar menggunakan masker itu yang mengolah makanan dan yang menyajikan makanan. Hal ini sama sekali tidak membuat rugi bagi warung atau kafe, malah menimbulkan kepercayaan masyarakat menjadi lebih tinggi , merasa lebih nyaman menikmati hidangan makanan minuman di warkop dan kafe-kafe itu,”pungkasnya.

Beberapa praktisi mengatakan, perlu ada perhatian khusus terkait prokes di lingkungan usaha, pemilik dan pengunjung warkop diharap konsisten menerapkan protokol kesehatan hindari klaster warkop.

Sejak Aceh merampungkan regulasi lokalnya dan pertama kali menggelar operasi yustisi Prokes Covid-19 September lalu, hampir 2000 warga terjaring razia, rata-rata kedapatan tidak menjaga jarak dan tidak menggunakan masker.(Agus Rahmad B)