Home Aparatur Menuju Aceh Tengah Bebas Rabies, Distan Lakukan Vaksinasi Perdana di Timangan Gading

Menuju Aceh Tengah Bebas Rabies, Distan Lakukan Vaksinasi Perdana di Timangan Gading

37
nasrun Liwanza, Kadis Pertanian menyaksikan vaksinasi rabies perdana di Kampung Timangan Gading Kecamatan Kebayakan, Rabu (1 Juli 2020).

Takengon, tanohgayo.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah terus melakukan upaya pencegahan dengan menggiatkan sosialisasi secara berkesinambungan kepada masyarakat, khususnya pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing menuju Aceh Tengah bebas rabies.

Setelah melakukan sosialisasi, Dinas Pertanian, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies perdana di Kampung Timangan Gading Kecamatan Kebayakan, Rabu (1 Juli 2020).

Vaksinasi rebiers terhadap anjing, kucing dan kera direncanakan dilaksanakan di seluruh kampung dalam Kabupaten Aceh Tengah. “Kedepan akan dilakukan pendekatan kepada seluruh pemilik hewan untuk dilakukan vaksinasi. Masyarakat yang memiliki hewan tidak hanya anjing, dan kucing, hewan ternak lain pun dapat divaksin dengan koordinasi kepada pihak penyuluh yang ada di setiap kampung,” terang Ir. Nasrun Liwanza MM, Kadis Pertanian Aceh Tengah.

Untuk itu, kata Nasrun, perlu adanya solialisasi serta komunikasi yang intern antara pemilih hewan dengan para petugas, sehingga hubungan dapat terjalin erat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Nasrun Liwanza mengatakan bahwa kasus gigitan berpotensi rabies di daerah ini termasuk yang tertinggi di provinsi Aceh. Untuk itu sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melakukan vaksinasi secara lebih intensif.

“Kita harus pastikan bahwa semua hewan piaraan khususnya anjing dan kucing harus bebas rabies, makanya kita giatkan terus upaya pencegahan melaui vaksinasi secara rutin oleh para petugas kesehatan hewan,” ungkap Nasrun.

Warga yang memelihara hewan khususnya anjing, agar secara rutin menghubungi petugas kesehatan hewan terdekat untuk dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan tersebut. “Ini sangat penting, karena kasus gigitan anjing cukup tinggi, kalau semua hewan bebas rabies, meskipun ada kasus gigitan tapi tidak berpotensi terjangkit rabies,” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Camat Kebayakan Nashrin, kepala Kampung Timangan gading serta Wakapolsek Kota Ipda MusMulyadi. Menyaksikan vaksinasi terhadap anjing serta pemberian vitamin. (wyra)