Home Aparatur Musda II Segera Digelar, Jusin Saleh: Perjuangan, Pelestarian Nilai dan Norma...

Musda II Segera Digelar, Jusin Saleh: Perjuangan, Pelestarian Nilai dan Norma Adat Istiadat

38
Pengurus MAG Aceh Tengah (Foto Analisaaceh.com)

Takengon, tanohgayo.com– Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah dijadwal akan menggelar Musyawarah  Daerah (Musda) ke-II, pada 09 Juli 2020. Musda dilaksanakan guna pemilihan pengurus periode 2020-2024.

Majelis Adat Gayo yang dikenal dengan “Mangoo” sebelumnya dipimpin oleh Ir. M.Jusin Saleh, MBA, akan berakhir pada  Agustus 2020, sesuai Surat Keputusan (SK) yang ditandatangi oleh Plt Bupati Aceh Tengah Al-Hudri, tahun 2016.

Persiapan terus dilaksanakan oleh Steering Coommittee dan Organizing Coommittee, membicarakan tentang tekhnis dan persiapan dokumen serta kelengkapan dalam pelaksanaan “Keramat Mufakat”.

Ketua Steering Coommittee (Panitia Pengarah-red), Musda ke II dipercayakan kepada Turham. Ia ditunjuk oleh forum karena dinilai memiliki andil terhadap berdirinya Majelis Adat.

“Dulu sedikit rumit pelaksanaanya, untuk Musda tahun ini sudah memiliki Juknis tersendiri termasuk belajar dari pengalaman, apalagi sudah dikeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang kegiatan ini, acuanya sudah jelas,” kata Ketua Majelis Adat Gayo Aceh Tengah, Jusin Saleh, Kamis (18/06/2020) di Takengon.

Jusin Salaeh menyatakan, siapapun yang akan terpilih sebagai ketua MAG maka harus meneruskan perjuangan untuk menggali, melestarikan nilai dan norma-norma adat dan istiadat di tanoh Gayo.

“Kita usahakan satu hari kegiatan ini selesai, artinya, dalam satu hari itu semua ketentuan dan kewajiban Musda harus dilalui hingga diputuskan siapa yang menjadi ketua,” papar Jusin Saleh.

Peserta dalam kegiatan itu sebanyak 40 orang, terdiri dari, Internal Majelis Adat Gayo Aceh Tengah sebanyak 15 orang, Mukim yang tersebar di 14 Kecamatan sebanyak 20 orang dan dari skademisi (1), budayawan (1), sejarawan (1), tokoh adat kampung (1) dan ahli purbakala (1). (WR)