Home Aparatur Musda KE-II MAG Aceh Tengah, Aspala Terpilih Sebagai Ketua MAG

Musda KE-II MAG Aceh Tengah, Aspala Terpilih Sebagai Ketua MAG

60

Takengon, tanohgayo.com – H Banta Cut Aspala terpilih sebagai Ketua Majelis Adat Gayo (MAG) Kabupaten Aceh Tengah periode 2020-2025, pada pelaksanaan Musyawarah Daearh (Musda) II, Kamis (09 Juli 2020) bertempat di Operation Room Setdakab setempat.

Kegiatan  tersebut dihadiri oleh 40 peserta, terdiri dari tiga unsur, unsur Mukim (20 orang), unsur MAG (15 orang) dan tokoh adat (5 orang).

Sebelumnya, ada tiga calon yang mencuat menjadi Bakal Calon (Balon) diantaranya, Banta Cut Aspala, Jusin Saleh dan Abdulah HR.

Dari tiga nama itu sebelumnya mendapat suara, Banta Cut Aspala (11), Malim (3), Abdullah HR (17) dan Jusin Saleh (8). Satu mukim tidak hadir yaitu Mukim Wihni Dusun Jamat sehingga total suara (39) orang.

Malim (Mukim Kebayakan) batal ikut verifikasi karena tidak cukup suara untuk lanjut ke tahap calon. Dalam aturan bakal calon harus meraih (5) suara untuk lanjut ke tahap verifikasi.

Ketiga bakal calon itu langsung mengikuti verifikasi persyaratan, salah satunya mampu membaca Al-Qur’an dan diuji oleh tim yang telah disiapkan panitia penyelenggara.

Hasil verifikasi itu menunjukan, dari ketiga Balon itu satu calon Abdullah HR dinyatakan tidak menuhi syarat akibat terbentur dengan Perbup tentang Musda Ke-II MAG (persyaratan administrasi-red).

Pemilihan Calon Ketua MAG aceh Tengah dilanjutkan, dari (37) suara yang tercatat dalam absensi sidang, sebanyak (33) suara jatuh ke Banta Cut Aspala sedangkan Jusin Saleh meraih suara (4). (WR)