Mustafa Kamal : Kalau Syarat Lengkap, Layanan Pasti Cepat

115
Petugas Dinas Dukcapil Aceh Tengah menyerahkan dokumen kependudukan kepada masyarakat

Takengon, tanohgayo.com – Kepala Dinas Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal menegaskan layanan kependudukan akan berlangsung cepat jika persyaratan dokumen lengkap. Hal tersebut agar masyarakat memastikan seluruh syarat dilengkapi terlebih dahulu.

“Tidak ada niat apalagi kepentingan petugas untuk memperlambat layanan, coba cek lagi apakah persyaratannya sudah lengkap,” ungkap Mustafa, Sabtu (19 Juni 2021).

Menurutnya seluruh persyaratan dokumen kependudukan jelas dan tegas diatur dalam ketentuan mulai dari Undang-undang tentang Administrasi Kependudukan dan turunannya hingga Permendagri, sehingga semua masyarakat dilayani dengan standar yang sama tidak ada perbedaan.

Pihaknya sudah membuka akses informasi yang luas terkait persyaratan pengurusan dokumen kependudukan, mulai dari baliho, website disdukcapil.acehtengahkab.go.id hingga media sosial Facebook maupun Instagram.

Dinas Dukcapil juga sudah berkomitmen untuk menyelesaikan dokumen paling telat 1 x 24 jam, bahkan untuk layanan tertentu seperti cetak KTP karena hilang dengan melampirkan surat kehilangan dari kepolisian atau KTP yang rusak dengan membawa KTP yang lama, hanya membutuhkan waktu paling lama 30 menit.

“Kami sangat terbuka jika ada keluhan, bisa langsung SMS atau Whatsapp ke nomor 081376360003, bisa juga meninggalkan pesan maupun komentar di Medsos Disdukcapil di Facebook atau Instagram,” sebutnya.

Mustafa mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan seluruh akses informasi tidak hanya konsultasi tapi juga berbagai kritik dan saran untuk pembenahan layanan Dinas Dukcapil Aceh Tengah kedepan. (SP/AG)