Home Nasional Ormas Genali: Kirim Kami ke Planet Lain

Ormas Genali: Kirim Kami ke Planet Lain

82
0

Takengon, tanohgayo.com– Sekjen Ormas Generasi Asal Linge (Genali) menyatakan pemkab harus  menjamin masyarakat Linge bisa dipindahkan ke planet lain apabila ada perusahaan tambang beroperasi di Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen Genali, Said Muslim, saat audiensi sejumlah elemen sipil dengan dengan DPRK dan Pemkab Aceh Tengah, Senin (8 April 2019) di ruang sidang  DPRK setempat. “Berikan kami jaminan untuk pindah ke planet lain,” kata Said Muslim.

Said menyatakan Linge harus menjadi daerah destinasi wisata religius bukan pertambangan. Terkait adanya kandungan emas di Kecamatan Linge, Said meminta Pemkab Aceh Tengah untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk mengolah sendiri.

Sebelum melakukan audiensi dengan Pemka dan DPRK Aceh Tengah, ratusan masyarakat sipil yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Adat Gayo Menolak Tambang (AMANAT) berorasi di Simpang Lima yang kemudian dilanjurkan aksi di kantor DPR Aceh Tengah.

Pendemo menyatakan penolakan terhadap PT Linge Mineral Resources melakukan rencana penambangan dan pengolahan bijih emas di Proyek Abong, berlokasi di Lumut, Owaq, dan Penarun, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Target produksi maksimal 800 ribu ton/tahun. (AG)