Pemkab Bener Meriah Terima Dana DID Rp. 63 Miliar tahun 2021

177

Redelong, tanohgayo.com– Kabupaten Bener Meriah tahun 2021 menerima Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp. 63 miliar. Capaian itu merupakan peringkat utama se-Sumatera.

“Benar, Bener Meriah menerima DID Rp. 63 miliar pada tahun 2021, tentu capaian ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Bener Meriah, Khairun Aksa, Selasa (13 Juli 2021).

Raport DID yang diterima oleh Kabupaten Bener Meriah itu berdasarkan capaian – capaian bersih yang telah dilewati, diantaranya Opini BPK atas LKPD tahun 2019 mendapatkan WTP.

Penetapan Qanun APBD tahun 2020 tepat waktu, sekaligus penggunaan e-budgeting B, begitupun dengan penanganan kesehatan Balita Stunting nilai 80 peringkat B, persalinan difasilitas kesehatan nilai yang ditoreh 90 dan peringkat B.

Kabupaten yang mekar dengan Aceh Tengah diresmikan oleh Mendagri pada 7 Januari 2004 itu, mendapat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 90 di bidang kesejahteraan masyarakat dengan peringkat B. Penurunan angka pengangguran nilai yang diperoleh 80 peringkat B.

Sedangkan dalam hal akses sanitasi layak nilai 80 peringkat B, dan sumber air minum layak nilai 80 peringkat B. “Di dalamnya ada kinerja yang dicapai, jika capaian itu terwujud maka pemerintah memberi reward, semua daerah berpotensi menerima DID sebesar ini, namun kali ini berhasil diraih oleh Bener Meriah,” terang Khairun Aksa.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada KOMPAK sebuah program kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia yang telah memfasilitasi sekaligus mengantarkan Bener Meriah atas torehan peringkat utama penerima DID tahun 2021. “Tidak terlepas dari dukungan semua pihak, begitupun dengan dukungan dari DPRK Bener Meriah,” timpalnya.

Dengan anggaran yang diperoleh itu, ke depan, Pemkab akan lebih fokus dalam hal mendorong peningkatan kinerja dan mendukung pemulihan ekonomi sekaligus menguatkan ekonomi Bener Meriah. “Semoga untuk tahun 2022 nanti Bener Meriah menerima DID lebih besar dari tahun 2021,” tutup Khairun Aksa.

Provincial Manager Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK), Diky Ariesandi, selaku mitra kerja pemerintah dalam mendorong penguatan kelembagaan, mengucapkan selamat kepada Pemkab Bener Meriah mendapat DID dari Menkeu RI.

“Kami selaku mitra kerja pemkab Bener Meriah memberikan apresiasi atas kinerjanya sehingga mendapat capaian dengan nilai DID terbesar di Sumatra, semoga menjadi sample bagi kabupaten dan kota lainnya di Aceh,” ujar Diky Ariesandi. (RL/AG)