Home Aparatur Pemuda Arul Badak Minta Dana Desa Diaudit

Pemuda Arul Badak Minta Dana Desa Diaudit

66
Lapangan Volly Kampung Arull Badak

Takengon, tanohgayo.com-Sejumlah pemuda Kampung Arul Badak Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah meminta pihak terkait untuk mengaudit pengunaan dana desa di kampung mereka. Hal itu disampaikan Ketua Pemuda setempat saat menyambangi Kantor PWI Aceh Tengah, Selasa ( 20 Agustus 2019).

Menurut pemuda, banyak kegiatan yang menggunakan dana desa tidak sesuai dengan perencanaan, namun mereka tidak dapat melaporkannya ke pihak terkait karena tidak memiliki bukti otentik. “Baru kali ini kami dapat bukti penggunaan dana desa tidak sesuai dengan RAB (rencana anggaran biaya),” ungkap Harian Antoni, Ketua Pemuda Arul Badak.

Salah satu dugaan korupsi yang dilakukan kepala desa, adalah pembangunan lapangan volley senilai Rp 82. Dari pantauan pemuda, ada beberapa item yang fiktif, ada dalam RAB tapi tidak ada dalam pelaksanaan pembangunan lapangan volley tersebut.

“Kami dari pemuda sebahagian ada yang memantau langsung kegiatan tersebut. Sehingga kami tau ada item yang fiktif. Seperti kerikil beton dalam RAB senilai Rp 15 juta tapi tidak ada digunakan,” kata Antoni.

“Nilai yang lebih kecil, minsalnya pembelian net, kami menemukan bukti net yang dibeli tidak sesuai dengan pagu dalam RAB,” kata Antoni sembari menunjukkan sarung net yang tertera nilai harganya.

Untuk itu, pemuda dan masyarakat sudah sepakat agar dugaan kasus penyelewengan dana desa di Kampung Arul Badak harus diusut pihak terkait. Atas laporan pemuda, tanohgayo.com belum berhasil menghubungi kepala desa setempat. (AG)