Home Aparatur Pemuda Asir-Asir Semarakkan Ramadhan dengan Pesantren Kilat dan Aneka Lomba

Pemuda Asir-Asir Semarakkan Ramadhan dengan Pesantren Kilat dan Aneka Lomba

19
0

Takengon – Kegiatan Pesantren Kilat merupakan suatu kegiatan yang lumrah dilaksanakan pada bulan Ramadhan.


Hal yang sama juga dilakukan oleh Pemuda Azir-Asir dengan menampung lebih 130 santri dan santriwati untuk mengikuti Pesantren Kilat.


“Saat ini sudah mendaftar 130 orang, namun diperkirakan bisa lebih,” kata Ketua Panitia, Mansyur Ramadhan, Minggu (12/05) ketika melaporkan pelaksanaan kegiatan.


Pesantren Kilat yang baru pertama dilaksanakan tersebut menurut Mansyur juga dirangkai dengan perlombaan Nuzulul Qur’an.


Aneka lomba yang digelar diantaranya untuk anak-anak lomba hafalan surat, do’a pendek, dan cerdas cermat. Untuk bapak-bapak dan pemuda lomba memanah. Dan untuk ibu-ibu lomba hafalan surat Al Mulk dan lomba memasak bebuken.


“Kegiatan ini didanai oleh anggaran desa tahun 2019 serta partisipasi dari seluruh masyarakat kampung Asir-asir,” sebut Mansyur.


Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengapresiasi gagasan dari pemuda Asir-Asir yang sudah berinisiatif melaksanakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan.


“Kami menilai kegiatan pesantren kilat sangat besar manfaatnya, walaupun waktunya singkat, tapi kami yakin akan berbekas bagi anak-anak kita nanti ketika dewasa,” ungkap Shabela.


Selama pesantren kilat berlangsung akan diisi dengan berbagai kegiatan ibadah, pembekalan dan aktivitas sosial. Semua kegiatan tersebut sangat positif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan generasi muda terhadap agama Islam dan kehidupan bermasyarakat.(MK)