Home Religi Pemuda Gayo Harus Antisipasi Empat Sifat Calon Istri

Pemuda Gayo Harus Antisipasi Empat Sifat Calon Istri

137

Takengon, tanohgayo.com-Akun instagram Etnis Gayo memposting https://www.instagram.com/p/B8rCKSzF00V/?igshid=e853q4t3akqs, pada Senin (17 Feb 2020). Video singkat tersebut merupakan potongan dari film daerah, yang memuat penggalan tentang amanah kepada masyarakat Gayo khususnya kepada anak laki-laki yang mencari pasangan.

Dari potongan tersebut, terlihat Irwansyah Arita, saat ini menjadi Dosen pada STAIN Gajah Putih, menjadi pemeran yang menyampaikan pesan dalam bahasa Gayo kepada beberapa pemuda. 

Irwansyah dalam video tersebut menyebutkan bahwa: Dalam masyarakat Gayo tidak boleh memiliki empat sifat untuk penjaga rumah (istri:Gayo-red): Pertama: Situnging Buyung, Dedawan Lipet, Kedidi Paya, Sikipes Bayur.

Dalam postingan Instagram Etnis Gayo tersebut, banyak komentar yang mempertanyakan arti dan makna pesan yang disampaikan dalam bahasa Gayo.

Kepada Tanohgayo.com, Irwansyah menjelaskan bahwa Situnging Buyung, yaitu sifat yang suka mubajir dan tidak berhemat. Dedawan Lipet, yaitu tidak adil dan berat sebelah di dalam rumah tangga sehingga banyak istri yang lebih patuh pada ibunya daripada suami maupun keluarga suami. Kedidi Paya, sifat istri yang tidak betah di dalam rumah. “Suami pergi bekerja, dia (istri) juga buat kerjaan sendiri (keluar rumah tanpa ijin),” jelas Irwansyah, Selasa (18 Feb 2020).

Sedangkan Sikipes Bayur adalah sifat suka marah, baik terhadap anak bahkan kepada suami sendiri.

“Mohon maaf, sebelumnya, salah bertegah, benarpe turah berpapah, Gere mehaten sikami jewebni kadang gere kona kuateni dengan urum serinenku bewene,” kata Irwansyah yang apabila pemahaman tentang bahasa Gayo masih ada yang belum memahami.

Lanjutnya, Sebagai laki-laki harus hati-hati memilih pasangan agar terhindar dari calon istri yang memiliki empat sifat tersebut. “Dalam buku Awan Abdurrahim Ad-Daudi Awan Tgk Mude Kala Kebayaken, bahwa sifat anak laki-laki ada 5 (lima) yang tidak pantas untuk suami, lain waktu kita bahas bg,” pungkas Irwansyah.(wyra)