Peringati HUT Ke-76 RI, Bendera Raksasa Dibentangkan di Danau Lut Tawar

546

Takengon, tanohgayo.com– Pembentangan Bendera Raksasa berukuran 50x 26 meter (50+26=76) di permukaan Danau Lut Tawar, mewarnai kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Aceh Tengah. Atraksi yang disertai dengan upacara menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu, berlangsung semarak dan takzim disaksikan seribuan masyarakat.

Bendera tersebut merupakan paling besar yang pernah dibentangkan selama ini di Aceh Tengah. Merupakan suatu kebanggaran dan apresiasi karena selain dijahit oleh tenaga profesioanal juga melibatkan anak-anak disabilitas.

Sekira pukul 11.00 WIB, sejumlah petugas pembentang dari beberapa elemen seperti Mahagapa, FAJI, POSSI, SAR dan Personil TNI/Polri tampil apik menggiring pengibaran Sang Dwi Warna dari atas perahu karet dan perahu nelayan diperairan Danau Lut Tawar, Teluk Mendale Kecamtan Kebayakan, Selasa (17 Agustus 2021).

Manuver pembentangan bendera raksasa yang baru pertama dilakukan di atas permukaan Danau Lut Tawar itu, menarik perhatian banyak pihak, terutama Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar.

Bupati Shabela yang hadir didampingi Unsur Forkopimda lainnya, menyampaikan rasa takjub dan apresiasi atas gagasan pelaksanaan atraksi yang diinisiasi Organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Gajah Putih (Mahagapa) Takengon bekerjasama dengan Kodim 0106 Aceh Tengah.

Dikatakannya, kehadiran kegiatan ini mampu menanamkan rasa nasionalisme dan membangkitkan semangat perjuangan para pahlawan serta bentuk rasa cinta dan syukur terhadap Ibu Pertiwi.

“Kami Sangat bahagia, salut buat adik-adik kami dari Mahagapa, POSSI, FAJI, SAR dan TNI/Polri yang dengan semangat telah membentangkan bendera berukuran raksasa di atas permukaan Danau Lut Tawar yang kita banggakan ini,” kata Shabela disela-sela acara.

“Apresiasi kami atas inisiatif dari adik-adik yang berkeinginan mewujudkan dan memperlihatkan nilai-nilai patriotisme melalui pengibaran bendera raksasa. Ini bukti bahwa kita NKRI sejati,” sambungnya.

Bupati Shabela juga mengatakan, pelaksanaan atraksi upacara bendera di permukaan atau di seputaran Danau Lut Tawar, dapat dijadikan agenda tahunan dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI, karena selain meningkatkan semangat patriotisme dapat juga mendongkrak citra Danau Lut Tawar sebagai destinasi wisata unggulan di Aceh.

Melihat antusiasn banyak kalangan dengan kegiatan ini, diharapkan upacara pengibaran bendera raksasa dapat dijadikan agenda tahunan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Aceh Tengah.

“Tinggal kita bagaimana mengisi kemerdekaan. Kuasai pendidikan, teknologi, dan membangun semangat Indonesia tanguh,” pesan Shabela Abubakar.

Selain melakukan pengibaran bendera raksasa, pada kesempatan itu juga dilakukan aksi bersih-bersih pinggiran Danau dan penyebaran benih Ikan Nila/Mujair di Danau kebanggaan masyarakat Gayo tersebut. (wyra)