PKK Aceh Tengah Lirik Kampung Suka Damai jadi Destinasi Agrowisata

137

Takengon, tanohgayo.com– Kampung Suka Damai, Kecamatan Pegasing merupakan daerah yang dinilai cukup potensial untuk pengembangan agrowisata berbasis pertanian. Sektor ini diyakini mampu memberikan multiefek penghasilan bagi masyarakat, serta mampu menopang pembangunan ditingkat Kampung.

Hal tersebut disampaikan Puan Ratna Ketua PKK Aceh Tengah saat meninjau langsung lokasi lahan yang direncanakan sabagai taman Agrowisata Bunga dan Sayuran, bertempat di Bur Arul Item, Kampung Suka Damai, Kecamatan Pegasing, Kamis (4/2/2021).

“Kunjungan ini untuk memastikan, nantinya ada nilai manfaat langsung bagi masyarakat, terutama kader PKK Kampung sebagai pengelola, dalam meningkatkan nilai tambah secara ekonomi, kesejahteraan dan juga pendidikan bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Ketua TP PKK Aceh Tengah.

Puan Ratna menyampaikan, lokasi di Kampung Suka Damai, berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata baru yang kekinian. Masyarakat nantinya punya pilihan destinasi wisata baru yang dibangun dari kegiatan dan binaan langsung dari Tim Pengerak PKK.

Wisatawan yang datang ke sini selain berkunjung untuk menikmati keindahan alam, namun juga dapat melakukan aktivitas berkebun, seperti menanam bunga dan sayur, bahkan sampai memanennya.

“Kebun dan taman bunga PKK ini menjadi destinasi wisata baru untuk keluarga. Nanti kita akan budidayakan berbagai jenis tanaman hias, seperti bunga Anggrek, Krisan, Dahlia dan juga Mawar, untuk Bunga Mawar sendiri, pemasarannya luas, meliputi bunga potong, untuk pot, untuk taman, air mawar, parfum, herbal dan produk-produk kosmetik beraroma mawar serta sebagai bunga tabur,” ujar ketua TP PKK.

Lebih lanjut disampaikan, pengembangan dan inovasi yang menarik wisatawan perlu dilakukan, sehingga lahan ini dapat menjadi pusat wisata yang diminati, nantinya di tempat ini akan dikembangkan juga beberapa fasilitas pendukung, diantaranya di bidang perikanan, peternakan dan kuliner bahkan juga fasilitas homestay.

Puan Ratna juga menyarankan konsep yang dikembangkan nantinya juga berupa agrowisata edukasi bidang pertanian yang berkelas. Potensi yang ada ini, bukan tidak mungkin dikembangkan juga sebagai argowisata aunga dan sayuran ekspor.

“Misalkan, tanaman hias dan Sayur-Sayuran yang ditanam harus yang punya nilai jual tinggi. Sehingga hasil pertaniannya kemudian benar-benar bisa tembus ke pasar Luar Negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Pegasing, Sukirman, SSTP, M.Ec.Dev menyambut positif adanya pengembangan lahan destinasi agrowisata taman bunga dan sayur di Kampung Suka Damai, dengan luas lahan sekitar 2 Hektar tersebut.

“Baru pertama sepertinya pengembangan lokasi taman bunga dan kebun sayuran sebagai destinasi agrowisata dikembangkan dalam satu lokasi di Aceh Tengah saat ini, apalagi lokasinya ada di kecamatan kita. Tentu kita sangat mendukung,” pungkas Sukirman. (rl)